Breaking News:

Batavia Air Bangkrut

Kemenhub Tutup 10 Rute Batavia Satu Bulan

Pasca pailit, Kementerian Perhubungan masih menutup sisa rute Batavia Air yang ditinggalkan.

zoom-inlihat foto Kemenhub Tutup 10 Rute Batavia Satu Bulan
/TRIBUN PEKANBARU/ARGIANTO DA NUG
Sejumlah penumpang pesawat batavia air saat mendarat di Bandara Hang Nadim beberapa waktu lalu. Perusahaan maskapai penerbangan swasta nasional Batavia air dipailitkan pengadilan negeri jakarta pusat setelah utang yang jatuh tempo pada 13 desember 2012 tak kunjung dibayar. TRIBUN/ARGIANTO DA NUGROHO

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pasca pailit, Kementerian Perhubungan masih menutup sisa rute Batavia Air yang ditinggalkan. Hingga saat ini masih ada 10 rute peninggalan Batavia yang masih kosong.

Djoko Murjatmodjo, Direktur Angkutan Udara Ditjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, mengatakan sudah ada sejumlah maskapai yang ingin menerbangi 10 rute peninggalan Batavia Air. Namun Kementerian belum mengizinkan karena regulator masih fokus menyelesaikan penumpang yang belum terangkut.

"Jika mau rute tersebut, maskapai harus bersedia mengangkut calon penumpang Batavia Air. Saat ini masih kita block, lamanya satu bulan," kata Djoko, Jumat (8/2/2013).

Djoko menjelaskan, jika ada maskapai lain yang bersedia mengangkut calon penumpang Batavia Air tanpa dipungut biaya, maka rute tersebut akan diberikan kepada maskapai bersangkutan. "Kalau mau ambil rute, harus bersedia angkut calon penumpang Batavia Air," katanya.

Seperti diketahui saat ini ada tiga maskapai yang bersedia mengangkut calon penumpang Batavia Air. Ketiga maskapai tersebut adalah Citilink, Mandala Airlines dan Express Air. Berikut adalah rute-rute yang diterbangi ketiga maskapai tersebut.

Citilink adalah sebagai berikut :
1. Surabaya-Lombok 7x/minggu
2. Jakarta-Batam 7x/minggu
3. Jakarta-Makassar 7x/minggu
4. Jakarta-Denpasar 7x/minggu
5. Surabaya--Banjarmasin 7x/minggu
6. Surabaya-Makassar 7x/minggu
7. Jakarta-Semarang 7x/minggu
8. Yogya-Jakarta 7x/minggu
9. Jakarta-Pangkalpinang 7x/minggu
10. Jakarta-Tanjung Pandan 14x/minggu
11. Surabaya-Palu 7x/minggu
12. Kupang-Surabaya 7x/minggu
13. Jakarta-Kupang 7x/minggu.
14. Jakarta-Balikpapan 7x/minggu.

Mandala Air menerbangkan penumpang Batavia di rute Jakarta-Pekanbaru (2 kali sehari), Jakarta-Padang (1 kali sehari), Jakarta-Surabaya (1 kali sehari) dan Jakarta-Singapura (2 kali sehari).

Sedangkan Express Air untuk rute Yogyakarta-Pontianak, Pontianak-Batam, Jakarta-Tanjungkarang dan rute Batam- Tanjungkarang masing-masing satu kali sehari.

Penulis: Muhammad Zulfikar
Editor: Sanusi
Sumber: TribunJakarta
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved