Breaking News:

Thai Lion Air Satu-satunya Maskapai LCC di Thailand yang Kantongi IOSA

Kami satu-satunya LCC di Thailand yang punya sertifikat IOSA

nur ichsan/warta kota
SERTIFIKAT KESELAMATAN PENERBANGAN - IATA Regional Vice President For Asia Pasific, Conrad Frederick James Clifford, didampingi Direktur Umum Lion Air, Edward Sirait, foto bareng seusai penyerahan sertifikat keselamatan operasional IATA Standard Safety Assesment, (ISSA), kepada jajaran direksi Lion Air Grup, di Perkantoran Lion Air, Neglasari, Kota Tangerang, Selasa (26/1), Maskapai Lion Air Grup yakni Lion Air, Batik Air, Wings Air, Malindo Air dan Thai Lion Air, telah terdaftar di IATA Operational Safety Audit (IOSA) dan IATA Standrad Safety Asessment (ISSA). WARTA KOTA/nur ichsan 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK - Thai Lion Air menjadi satu-satunya penerbangan low cost carrier (LCC) di Negeri Gajah Putih yang memiliki sert‎ifikat IATA Operational Safety Audit (IOSA).

Sertifikat tersebut diraih Thai Lion dari International Air Transport Association (IATA) pada September 2015 dan ini menunjukkan bahwa Thai Lion telah memenuhi standar keselamatan penerbangan internasional.

‎"Kami satu-satunya LCC di Thailand yang punya sertifikat IOSA, sertifikat ini enggak wajib, tapi kalau memiliki sangat bagus," ujar Managing Director Thai Lion Air Captain Darsito Hendroseputro di kantor Thai Lion Mentari CO., Ltd, Bangkok, Kamis (19/5/2016).

Menurut Darsito, dalam mendapatkan sertifikat IOSA tidak semudah yang dibayangkan, tetapi perjalanannya begitu susah dan perlu melakukan kesiapan yang matang serta kenyakinan yang penuh dari manajemen maskapai.

"Susah banget dapetin IOSA, kami menyiapkan ini sejak delapan bulan, dimana permintaan (dari IATA) ada ribuan yang harus dipenuhi‎ dan yang memiliki sertifikat IOSA akan diaudit dua tahun sekali," ucap Darsito.

Konsep dari Program IOSA adalah Program global yang dibuat oleh praktisi berpengalaman dalam industri penerbangan berdasarkan standar dari ICAO dan diterima serta diakui secara internasional sebagai sebuah sistem yang diterapkan dengan konsisten.

Fokus dari audit ini ialah pada operational quality, safety management dan oversight.

Ruang lingkup dari audit dengan IOSA meliputi, Organization & Management System, Flight Operations, Flight Dispatch, Aircraft Engineering & Maintenance, Cabin Operations, Ground Handling, Cargo Operations dan Operational Security.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved