Breaking News:

Pertamina Minta Pemerintah Naikkan Harga BBM

Program BBM satu harga memang mewajibkan Pertamina menjual BBM ke pelosok dengan harga premium sebesar Rp 6.450 per liter.

Editor: Choirul Arifin
TRIBUN/DANY PERMANA
Truk tangki mengantre untuk diisi BBM di terminal BBM Pertamina Plumpang Jakarta Utara. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) belum bisa mengambil keputusan mengenai harga bahan bakar minyak (BBM) pada awal Januari 2018.

Padahal, PT Pertamina sudah mengabarkan kepada pemerintah apabila harga premium dan solar itu tidak naik maka kerugian Pertamina akan terus membengkak.

Menurut laporan keuangan PT Pertamina, pendapatan bulan Januari-September 2017 sebesar US$ 31,38 miliar. Apabila harga premium dan solar naik, pendapatan Pertamina bisa menjadi senilai US$ 32,80 miliar.

Artinya, terdapat potensi pendapatan sebesar US$ 1,9 miliar yang hilang lantaran harga premium dan solar tak naik.

Apalagi saat ini harga minyak dunia juga mencapai US$ 51 per barel dan bisa jadi mendekati US$ 60 per barel. Perlu diketahui juga, penetapan harga BBM jenis premium dan solar Pertamina saat ini masih mengacu harga minyak US$ 38 per barel.

Melihat data itu, Sekretaris Ditjen Migas Kementerian ESDM Susyanto belum mau banyak bicara soal kenaikan harga BBM pada awal tahun 2018. "Belum ada keputusan," ungkapnya seperti dikutip KONTAN, Rabu (22/11/2017).

Saat ditanya alasan apakah karena ada program BBM satu harga, Susyanto tidak menjawab lagi.

Program BBM satu harga memang mewajibkan Pertamina menjual BBM ke pelosok dengan harga premium sebesar Rp 6.450 per liter. Harga ini pula yang membuat Pertamina tekor karena ongkos transportasi mencapai Rp 1 triliun per tahun.

Muchamad Iskandar, Direktur Pemasaran PT Pertamina, menyatakan, Pertamina memang berharap harga BBM bisa naik. Namun soal harga jual jenis BBM tertentu dan jenis BBM khusus penugasan adalah wewenang pemerintah. "Harap-harap terus. Setiap tiga bulanan," ungkap dia sambil tertawa.

Baca: Apple Digosipkan Akan Luncurkan iPhone Anyar dengan Harga Lebih Miring

Halaman
12
Sumber: Kontan
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved