Menghitung Untung Bisnis Bunga Aglaonema

Jenis Aglaonema yang dibanderol jutaan rupiah per pot adalah goliath, khanza, harlequin dan lady valentine.

Menghitung Untung Bisnis Bunga Aglaonema
ORGANICBAGEECHA.COM
Aglaonema commutatum red edge. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Beberapa tahun lalu, bisnis bunga aglaonema pernah naik daun. Harga jualnya cukup melambung tinggi hingga jutaan rupiah untuk satu pot tanaman.

Penentuan harga aglaonema juga kerap didasarkan pada banyaknya jumlah daun.

Nawawi Kiwie, seorang pembudidaya sekaligus penjual aglaonema di Tangerang Selatan, Banten, membenarkan fenomena itu.

“Untuk aglaonema jenis tertentu, memang ada yang harganya tergantung banyaknya daun. Bahkan, satu daun bisa mencapai Rp 350.000,” kenangnya.  

Sudah hampir lima tahun Nawawi membudidayakan aglaonema. Ia bilang, hingga kini, permintaan tanaman daun tersebut masih terus ada, meski tidak sebanyak dulu saat booming.

Selain itu, harga aglaonema pun saat ini makin bervariasi, mulai dari yang paling murah, yakni puluhan ribu rupiah hingga jutaan rupiah, sehingga makin banyak kalangan bisa mengoleksi aglaonema.

“Makin ke sini, variasinya makin banyak, jadi harganya makin variatif juga. Kalau punya saya paling murah dari harga Rp 25.000 sampai jutaan rupiah ada. Saya menjual 108 jenis aglaonema,” kata Nawawi.

Jenis Aglaonema yang dibanderol jutaan rupiah per pot adalah goliath, khanza, harlequin dan lady valentine.

Deretan jenis aglaonema tersebut harganya mulai Rp 1,5 juta sampai Rp 7,5 juta per pot, tergantung jumlah dan ukuran daun.       

Taufik Hambali, pembudidaya aglaonema di Kediri, Jawa Timur, juga mengatakan jika saat ini harga tanaman tersebut makin beragam lantaran jenisnya yang makin banyak.

Halaman
1234
Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved