Sudirman Said Singgung Pertemuan Rahasia Jokowi dan Bos Freeport, Ini Kata Luhut

Luhut yang pernah menjabat sebagai Plt Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar mengaku, proses penanganan Freeport dilakukan secara benar

Sudirman Said Singgung Pertemuan Rahasia Jokowi dan Bos Freeport, Ini Kata Luhut
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berbincang bersama Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko yang melaksanakan tugas Direktur Utama Bank BJB Agus Mulyana di stan Bank BJB pada gelaran Citarum Expo 2019 di Balerame Sabilulungan, Soreang, Kabupaten Bandung, Selasa (19/2/2019). Melalui Citarum Expo ini, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengajak seluruh stakeholder untuk berkolaborasi menangani Sungai Citarum. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menilai mantan Menteri ESDM Sudirman Said telah mengarang dengan menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara diam-diam melakukan pertemuan dengan Presiden Freeport McMoran Inc, James R. Moffet di Indonesia. 

"Enggak ada (pertemuan diam-diam), Pak Jokowi itu enggak ada yang diam-diam, ngarang aja itu (Sudirman)," ujar Luhut di kantor Kementerian LIngkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Kamis (21/2/2019).

Luhut yang pernah menjabat sebagai Plt Menteri ESDM menggantikan Arcandra Tahar mengaku, proses penanganan Freeport dilakukan secara benar dan tidak ada pertemuan secara rahasia antara Jokowi dan Moffet. 

"Tidak ada yang diam-diam, semua itu jalan bener," ucap Luhut. 

Tudingan Sudirman juga telah dibantah Jokowi, yang menyatakan, pertemuan dengan bos Freeport  tidak dilakukan secara diam-diam seperti yang dikatakan Sudirman, bahkan pertemuan ini dilakukan berkali-kali dengan tujuan menjadi pemegang saham mayoritas Freeport. 

"Enggak sekali dua kali ketemu, diam-diam bagaimana? Pertemuan bolak-balik," ujar Jokowi di Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (20/2/2019) malam.

Baca: Luhut Binsar Panjaitan: Jadi Pejabat Publik Harus Siap Semua Orang Tahu Barangmu

Jokowi mengakui, dalam pertemuan itu pihak Freeport meminta perpanjangan kegiatan operasi, tetapi saat itu ditegaskan bahwa pemerintah akan mengambil saham Freeport menjadi mayoritas. 

"Ya perpanjangan, dia minta perpanjangan tapi sejak awal saya sampaikan, bahwa kita miliki keinginan itu (menguasai 51 persen saham Freeport)," ujar Jokowi 

Sebelumnya, Sudirman Said  mengungkapkan adanya pertemuan rahasia antara Jokowi dengan James R. Moffet di Indonesia. 

Halaman
12
Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved