Menperin Apresiasi Program Sampoerna Retail Community

Peluncuran aplikasi ini juga turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang.

Menperin Apresiasi Program Sampoerna Retail Community
dok.HMSP
Menperin Airlangga Hartarto di HUT ke-11 SRC di Jakarta. 

Reynas Abdila/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto memuji program pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sektor ritel, Sampoerna Retail Community (SRC), yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) sejak 2008.

Setelah berjalan 11 tahun, jaringan SRC telah menjangkau 105.000 peritel tradisional di 34 provinsi di Indonesia.

"Sampoerna Retail Community (SRC) sebagai wadah UKM ritel merupakan salah satu contoh program pemberdayaan UKM khususnya peretail tradisional di tingkat nasional yang berhasil," ujar Menperin Airlangga di sela HUT ke-11 SRC di Jakarta.

Pada acara tersebut, jaringan peritel ini juga meluncurkan identitas baru, aplikasi "AYO SRC" dan "Pojok Lokal'.

Aplikasi “AYO SRC” merupakan terobosan inovatif untuk memudahkan akses para anggota SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko.

Peluncuran aplikasi ini juga turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang.

Baca: Ungguh Foto Kenakan Daster Saat Temani Sang Putri Tidur, Ayu Ting Ting: Enak Bangat, Nak

Sementara itu, “Pojok Lokal” adalah salah satu bentuk nyata dukungan SRC terhadap UKM lokal. Seluruh anggota SRC menerapkan pendekatan usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah setempat melalui “Pojok Lokal”.

SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi kerakyatan di daerah melalui slogan “Berbelanja Dekat Rumah”.

Airlangga mengatakan, program ini menunjukan kepedulian Sampoerna kepada UKM agar dapat berkembang bersama-sama melalui peningkatan kapasitas dan menciptakan ekosistem komersial yang inklusif, yang pada akhirnya mewujudkan kemandirian perekonomian, baik di tingkat daerah maupun nasional.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved