Belanja Pesawat, British Airways Borong 200 Unit Boeing 737 MAX Senilai 24 Miliar Dollar AS

Airbus, pemasok saat ini dari merek British Airways dan Vueling IAG, terpana dengan pengumuman tersebut.

Belanja Pesawat, British Airways Borong 200 Unit Boeing 737 MAX Senilai 24 Miliar Dollar AS
INDEPENDENT
Pesawat British Airways 

TRIBUNNEWS.COM, LE BOURGET - Boeing mendapatkan kepercayaan besar di Paris Airshow pada hari Selasa (19/6) ketika pemilik British Airways IAG menandatangani surat pembelian 200 dari 737 MAX paska dua kecelakaan mematikan.

Berita tentang kesepakatan itu bernilai lebih dari US$ 24 miliar. Ini adalah kejutan di gelaran pertunjukan udara terbesar di dunia, apalagi Boeing sedang berjuang untuk menemukan ritme di tengah krisis 737 MAX dan kekhawatiran tentang perlambatan ekonomi.

Airbus, pemasok saat ini dari merek British Airways dan Vueling IAG, terpana dengan pengumuman tersebut. Sumber industri mengatakan perusahaan Eropa belum ditawari kesempatan untuk mengajukan penawaran.

"Kami memiliki kepercayaan pada Boeing dan berharap bahwa pesawat akan berhasil kembali ke layanan dalam beberapa bulan mendatang," kata Kepala Eksekutif IAG Willie Walsh tentang 737 MAX, dikutip dari Reuters, Rabu (18/6/2019). 

Baca: Mobil Sport Nissan GTR dari Malaysia Diselundupkan ke Semarang, Terbongkar di Mempawah

Pesawat terlaris Boeing tersebut telah dikeluarkan dari layanan di seluruh dunia sejak Ethiopian Airlines 737 MAX jatuh pada bulan Maret, lima bulan setelah Lion Air 737 MAX jatuh ke laut lepas Indonesia. Sebanyak 346 orang tewas dalam dua bencana tersebut. 

Baca: Dul Jaelani Tak Diberi Uang Jajan Ayah Tirinya, Anak Maia Estianty Ini Hormati Prinsip Irwan Mussry

Boeing sedang memperbaiki perangkat lunak anti-kios di pusat investigasi atas kecelakaan itu dan berharap mendapatkan persetujuan dari regulator untuk membuat jet itu kembali terbang pada akhir tahun ini. 

Baca: 7 Kesalahan Tak Disengaja dalam Drama Korea yang Bikin Penonton Tertawa

Walsh, mantan pilot 737, mengatakan ia tidak ragu-ragu untuk naik ke pesawat dan menyuarakan kepercayaan terhadap perubahan yang dibuat Boeing, setelah melihat secara langsung simulator 737 MAX. "Saya percaya pesawat itu aman," katanya.

Baca: Perlahan-lahan Terkuak, Inilah Motif Pasutri Habisi Nyawa Santi Malau Karyawati Bank Syariah Mandiri

Saham Boeing naik lebih dari 4%. IAG mengatakan pihaknya merencanakan untuk campuran pesawat 737-8 dan 737-10 yang akan dikirim antara 2023 dan 2027.

Reporter: Azis Husaini

Artikel ini tayang di Kontan dengan judul British Airways resmi beli 200 unit Boeing 737 MAX senilai US$ 24 miliar 

Editor: Choirul Arifin
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved