Mulai 11 Juli, 11.626 Tiket Pesawat LCC Diskon 50 Persen Setiap Selasa, Kamis, Sabtu

Pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket penerbangan maskapai berbiaya

Mulai 11 Juli, 11.626 Tiket Pesawat LCC Diskon 50 Persen Setiap Selasa, Kamis, Sabtu
Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali
Pesawat Citilink rute Bandara Soekarno-Hatta (CGK)-Yogyakarta International Airport (YIA) menuju lokasi parkir seusai mendarat dengan sukses dalam proving flight atau penerbangan uji coba take off dan landing di Bandara Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DI Yogyakarta, Kamis (2/5/2019). Pesawat Citilink yang tidak membawa penumpang tersebut melakukan uji coba bandara sebelum Bandara YIA mulai beroperasi secara komersial pada 6 Mei mendatang. Tribun Jogja/Hasan Sakri Gozali 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah bersama para stakeholder industri penerbangan sepakat untuk menurunkan harga tiket penerbangan maskapai berbiaya murah (low cost carrier/LCC) untuk rute domestik di jadwal-jadwal tertentu.

Usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian, Senin (8/7/2019), diputuskan ada penurunan harga tiket pesawat dari maskapai LCC yaitu Lion Air dan Citilink sebanyak 50 persen dari tarif batas atas (TBA). Diskon 50 persen itu berlaku untuk 11.626 kursi.

"Konkretnya berapa flight, kalau kita lihat jadwal tertentu tadi, maskapai Citilink itu total per hari adalah 62 flight per hari, total kursinya adalah 3.348 seat.

Baca: Penyidik KPK Telisik Aliran Dana dalam Kasus TPPU Bupati Nonaktif Hulu Sungai Tengah

Baca: 10 Mi Ayam Legendaris di Yogyakarta yang Wajib Kamu Cicipi

Baca: Daftar Panjang Masalah Zidane di Real Madrid yang Belum Selesai

Untuk Lion Air Group, akan ada 146 flight per hari, seat total 8.278 seat," kata Sekretaris Kemenko Perekonomian Susiwijono saat konferensi pers di kantornya, Senin (8/7/2019).

Diskon 50 itu berlaku untuk jadwal keberangkatan penerbangan di setiap Selasa, Kamis dan Sabtu pukul 10.00-14.00.

Selain itu, guna meringankan biaya operasional maskapai, para stakeholder penerbangan antara lain Angkasa Pura I, Angkasa Pura II, AirNav hingga Pertamina sepakat memberi diskon untuk penerbangan-penerbangan di jadwal yang sama.

Konferensi pers evaluasi kebijakan terkait harga tiket pesawat di Kemenko Perekono
Konferensi pers evaluasi kebijakan terkait harga tiket pesawat di Kemenko Perekonomian, Senin (8/7/2019).

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Polana B Pramesti mengatakan, akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan tersebut.

Ia menambahkan, untuk rute dan jadwal penerbangan akan terus disesuaikan dan dievaluasi.

"Kami akan melakukan pengawasan terhadap kebijakan itu tadi penyediaan penerbangan murah, untuk Selasa Kamis Sabtu, untuk LCC domestik tipe pesawat jet, bersama dengan Kementerian BUMN dan dikoordinir oleh Kemenko Perekonomian," pungkasnya.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved