Seperti KRL dan Transjakarta, Pelni Ingin Buat Area Khusus Wanita di Kapal

Pelni akan mengkaji pengadaan geladak atau deck khusus penumpang wanita di dalam kapal.

Seperti KRL dan Transjakarta, Pelni Ingin Buat Area Khusus Wanita di Kapal
Ria Anatasia
Corporate Secretary Pelni Yahya Kuncoro saat melalukan press briefing di Jakarta, Rabu (31/7/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni akan mengkaji pengadaan geladak atau deck khusus penumpang wanita di dalam kapal.

Sekretaris Perusahaan Pelni Yahya Kuncoro mengatakan, fasilitas tersebut akan diberikan dalam pilot project di beberapa kapal Pelni, antara lain kapal Nggapulu, Dorolonda, Kelud, Kelimutu, dan Lawit.

"Ini akan ada inisiasi bedakan area untuk perempuan. Kalau sekarang campur nanti akan kita buat pilot project deck khusus wanita," ujarnya kepada awak media di Jakarta, Rabu (31/7/2019).

Yahya mengatakan, berdasarkan kuisioner yang disebarkan perseroan, penumpang kapal Pelni memang masih didominasi oleh laki-laki. Pihaknya akan mengkaji rencana tersebut untuk memberikan kenyamanan kepada penumpang.

Baca: Polisi Cari Ibu yang Buang Bayi di Teluk Gong

Meski begitu, Yahya belum bisa memastikan berapa kapasitas area yang akan dialokasikan bagi penumpang wanita.

"Kita belum bisa pastikan angka pastinya, tapi untuk uji coba setengah deck dulu. Misal di deck 5-6 di sebelah kanannya (khusus wanita)," tutur dia.

Jelang Idul Fitri 2019, penumpang pemudik menggunakan angkutan Kapal Pelni jurusan Ambon - Jakarta di Pelabuah Tanjung Priok, Jakarta, berjubel, Minggu (2/6/2019) TRIBUNNEWS.COM/IST/FX ISMANTO
Jelang Idul Fitri 2019, penumpang pemudik menggunakan angkutan Kapal Pelni jurusan Ambon - Jakarta di Pelabuah Tanjung Priok, Jakarta, berjubel, Minggu (2/6/2019) TRIBUNNEWS.COM/IST/FX ISMANTO (/)

Selain itu, Pelni juga sedang memperbaiki tampilan kapalnya. Toilet, tempat sampah, vinil, restoran, dinding dan tanda-tanda di kapal dipermak lebih kekinian dan memudahkan konsumen.

“Kapal sebagai sarana pelayanan tampilanya kami bikin keren agar penumpang lebih dapat menikmati pelayaran bersama Pelni," imbuhnya.

Untuk informasi, Pelni saat ini megoperasikan 26 kapal trayek nusantara dengan 83 pelabuhan singgah melayani 1.239 ruas dengan total kapasitas angkut 33.608 pax atau seat per hari.

Selain itu Pelni juga melayani 46 trayek kapal perintis menyinggahi 305 pelabuhan, 4.620 ruas dengan kapasitas 13.961 pax per hari.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved