Dorong Kemajuan Startup Indonesia, JK Singgung Alibaba, Google, Facebook, dan Microsoft

Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 'Ignite The Nation 1000 Start up Digital Indonesia'

Dorong Kemajuan Startup Indonesia, JK Singgung Alibaba, Google, Facebook, dan Microsoft
TRIBUNNEWS.COM/ILHAM RIAN
Wapres JK hadiri Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ilham Rian Pratama

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) menghadiri acara Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 'Ignite The Nation 1000 Start up Digital Indonesia'. Acara ini pertemuan dengan ribuan perusahaan startup atau rintisan. 

Pertemuan ini digelar sebagai upaya pemerintah untuk mendorong tumbuhnya industri startup yang kini tengah booming di kalangan anak muda milenial.

Baca: Gadis Pekalongan Batal Dinikahi Kekasih Gara-gara Hitungan Weton, Keluarga Timang Soal Maut-Rezeki

Saat berpidato, JK menyinggung kemajuan startup di Cina lewat perusahaan e-commerce  terbesar di sana, yakni Alibaba Group. Katanya, pendiri startup di Indonesia harus bisa menyeimbangkan industri fisik dengan online.

"Berfikir efisien dengan inovasi-inovasi. Lihatlah Cina, Alibaba hebat karena industrinya hebat. Kalau berdiri sendiri mana mungkin? e-commerce juga begitu. Ini adalah soal industri yang hebat. Jadi tidak semua harus berpikir bahwa hanya di rumah bikin, tidak bisa," ucap JK di Istora Senayan, Jakarta Selatan, Minggu (18/8/2019).

Baca: Menkominfo: Pemerintah Mau Perusahaan Startup Lebih Berkembang

Selain mencontohkan Alibaba, JK juga tak luput menyebut nama-nama besar dunia digital lainnya seperti Google, Facebook, dan Microsoft.

"Berpikir seperti Google, Facebook, Microsoft. Semua dengan cara namun tidak semua bisa dilaksanakan dengan baik. Tetep saja intinya ada nilai tambah dengan industri, jadi ada sesuatu yang bisa dijual," tuturnya.

Ignite The Nation merupakan bagian dari Gerakan National 1000 Startup Digital yang diprakarsai Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk mendorong pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia.

Ignite The Nation bertema 'Sumber Daya Digital Millenial Unggul, 1000 Inovasi Digital - Indonesia Maju' itu bertujuan mengobarkan semangat ekonomi digital yang bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus.

Gerakan masif itu juga berusaha memantik rasa patriotisme generasi milenial yang telah akrab dengan dunia digital agar membangkitkan mimpi besar yang dapat memberikan solusi dan inovasi bagi bangsa.

Ignite The Nation yang berlangsung di Stadion Istora Senayan mulai pukul 09.00 WIB hingga 16.00 WIB itu ditargetkan dihadiri oleh 8.000 peserta.

Penyelenggaraan itu menjadi kegiatan pembukaan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital 2019 dengan konsep baru, sedangkan rangkaian acara lainnya akan berlangsung di 10 kota lain di Indonesia.

Tahapan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital terbaru kini terdiri dari Ignition, Workshop, Hacksprint, Bootcamp dan Incubation.

Penulis: Ilham Rian Pratama
Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved