Pemerintah Bakal Memiliki 95 Persen Saham Tuban Petro

Pemerintah tengah mengupayakan penyelesaian soal utang piutang PT Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro).

Pemerintah Bakal Memiliki 95 Persen Saham Tuban Petro
Reynas Abdila
Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries, Sukriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah tengah mengupayakan penyelesaian soal utang piutang PT Tuban Petrochemical Industries (Tuban Petro).

Sebagai kompensasi dari pelunasan utang sebesar Rp 3,3 triliun, pemerintah akan menguasai 95 persen saham di Tuban Petro.

Hal itu ditegaskan Direktur Utama PT Tuban Petrochemical Industries, Sukriyanto usai menghadiri pembahasan tentang tindak lanjut penyelesaian Tuban Petro di kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

"Saham pemerintah menjadi super majority sekitar 95,9 persen," ucap Uki sapaannya.

Rencana kepemilikan saham tersebut, sudah disetujui oleh kementerian terkait.

Sedangkan, untuk pengesahan Peraturan Pemerintah (PP) yang mengatur hal tersebut masih menunggu tandatangan seluruh menteri terkait dan juga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi tinggal prosedural sebelum Presiden tandatangan, para menteri terkait mesti paraf untuk menunjukkan secara administratif bahwa benar menteri terkait sudah di posisi yang sama," kata Sukriyanto lagi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kekayaan Negara Kementerian Keuangan Isa Rachmatarwata juga mengonfirmasi bahwa piutang Tuban Petro ke pemerintah akan dikonversi menjadi saham.

Namun, ia tak menyebut kapan aksi ini akan berlangsung, meski diakuinya konversi piutang menjadi saham ini merupakan amanat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2018 tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kapannya, itu nanti saja. Kami berusaha sekuat tenaga dulu," katanya.

Berdasarkan riset Kontan.co.id, permasalahan Tuban Petro ini berawal dari utang yang dimiliki PT Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) kepada PT Tirtamas Majutama.

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved