Mau Beli Rumah Pertama, Jangan Lupa 4 Hal Ini

Jika nama Anda masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, pengajuan kredit Anda akan otomatis ditolak.

Mau Beli Rumah Pertama, Jangan Lupa 4 Hal Ini
Harian Warta Kota/henry lopulalan
PAMERAN PROPERTY 

 
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bila Anda bertekad membeli rumah untuk pertama kalinya, ada beragam hal yang harus Anda persiapkan dan pertimbangkan.

Chief Economist & Investment Strategist PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Katarina Setiawan, memberikan tips agar Anda lebih siap dalam melakukan salah satu pembelanjaan terbesar dalam hidup Anda, yaitu rumah.

1. Perbaiki keuangan Anda

REI MANDIRI PROPERTY EXPO-Pengunjung melihat contoh hunian dalam REI Mandiri Property Expo di JCC, Senayan,Jakarta, Sabtu (17/11/2018). Pada pameran properti yang berlangsung hingga 22 November 2018 tersebut Bank Mandiri menawarkan kemudahan bagi generasi muda untuk memiliki rumah sendiri melalui produk KPR Milenial.-Warta  Kota/henry lopulalan
REI MANDIRI PROPERTY EXPO-Pengunjung melihat contoh hunian dalam REI Mandiri Property Expo di JCC, Senayan,Jakarta, Sabtu (17/11/2018). Pada pameran properti yang berlangsung hingga 22 November 2018 tersebut Bank Mandiri menawarkan kemudahan bagi generasi muda untuk memiliki rumah sendiri melalui produk KPR Milenial.-Warta Kota/henry lopulalan (WARTA KOTA/henry lopulalan)

Mulailah dengan mengatur semua keuangan Anda.

Jika Anda ingin membeli rumah dengan cara kredit melalui bank, sementara saat ini Anda masih memiliki utang di perbankan, pastikan pembayaran utang Anda lancar.

Ini karena setiap pengajuan kredit ke bank, termasuk kredit pemilikan rumah (KPR), harus melalui proses pengecekan di Bank Indonesia (BI checking) untuk menentukan kelayakan calon debitur.

Jika nama Anda masuk dalam daftar hitam Bank Indonesia, pengajuan kredit Anda akan otomatis ditolak.

"Saran saya, lunasi sebanyak mungkin utang Anda, baik utang konsumtif maupun produktif, sebelum Anda mengambil KPR," ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat (6/9/2019).

Jika Anda masih menanggung utang lainnya, entah ke bank, teman, atau saudara, kemungkinan besar cash flow Anda akan terganggu untuk mengangsur KPR. Umumnya cicilan KPR cukup besar, bisa mencapai sekitar 30 persen, atau bahkan lebih besar, dari penghasilan bulanan Anda.

2. Menentukan rumah yang sanggup Anda beli

Paramount Land menghadirkan Promo KPR ‘Bang! 345’ di ajang pameran properti terbesar, ‘REI Mega Expo 2018’ yang selenggarakan oleh DPP REI bekerjasama dengan Kompas Group (Dyandra Promosindo), mulai tanggal 17-25 November 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.
Paramount Land menghadirkan Promo KPR ‘Bang! 345’ di ajang pameran properti terbesar, ‘REI Mega Expo 2018’ yang selenggarakan oleh DPP REI bekerjasama dengan Kompas Group (Dyandra Promosindo), mulai tanggal 17-25 November 2018 yang berlangsung di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. (istimewa)

Langkah ini sangat penting. Jangan sampai Anda menjadi house poor, menghabiskan sebagian besar porsi penghasilan Anda untuk pembelian rumah yang berimbas pada kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved