Kominfo Duga Kebocoran Data Penumpang Lion Air Akibat Diretas

Kemkominfo menyatakan siap membantu Lion Air untuk menginvestigasi penyebab kebocoran data penumpang.

Kominfo Duga Kebocoran Data Penumpang Lion Air Akibat Diretas
Adiatmaputra Fajar
Dirjen Aplikasi Informatika Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) menyatakan siap membantu Lion Air untuk menginvestigasi penyebab kebocoran data penumpang.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan mengatakan akan menggandeng beberapa negara tetangga untuk investigasi tersebut.

“Kemungkinan itu bisa dilakukan, kita akan koordinasi sama negara tetangga (Malaysia) dan di ASEAN, kalau memang dibutuhkan investigasi dari kami, bisa bantu dari sini juga,” kata Semuel usai bertemu dengan pihak Lion Air di kantornya, Jakarta, Kamis (19/9/2019).

Semuel mengatakan, kebocoran data penumpang Lion Air Group diduga ada oknum yang melakukan peretasan.

Menurutnya, dalam sisi regulasi, otoritas di Malaysia juga memiliki Undang-Undang yang sama dengan Indonesia.

Lebih lanjut Semuel menjelaskan kasus kebocoran data penumpang ini termasuk bagian dari illegal akses, sehingga oknum terkait bisa mendapatkan sangsi pidana sesuai dengan UU yang berlaku.

“Siapapun yang melakukan illegal akses itu juga ada sangsi pidananya, dan itu bagian dari perlindungan data pribadi,” jelas Semual

“Bagi pengendali harus juga memastikan sistemnya aman, tapi juga siapapun yang melakukan illegal akses apalagi membocorkan data, kita sedang selidiki siapa yang bertanggungjawab,” tambahnya.

Jadi Korban

Sebelumnya, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), melakukan pertemuan dengan pihak Lion Air Group terkait kebocoran data penumpang yang sempat viral beberapa hari terakhir.

Halaman
1234
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved