Awal Oktober, KA Bandara Mulai Beroperasi dari Stasiun Manggarai, Ini Pengaturannya Untuk KRL

KRL Bekasi Line akan terpisah dengan KRL dari Bogor, Jakarta-Bogor akan berada di lantai III stasiun Manggarai, sedangkan Bekasi

Awal Oktober, KA Bandara Mulai Beroperasi dari Stasiun Manggarai, Ini Pengaturannya Untuk KRL
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Kereta Api Bandara Soekarno-Hatta melintasi Stasiun Sudirman Baru, Jakarta 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ria Anatasia

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Stasiun Kereta Api Bandara akan dioperasikan dari Stasiun Manggarai mulai awal Oktober 2019. Dengan begitu, penumpang KA bandara bisa naik dan turun lewat Stasiun Manggarai.

Pengujian untuk pengoperasian Stasiun KA Bandara ini telah dilakukan oleh Direktorat Prasarana dan Direktorat Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), sehingga stasiun ini dinyatakan layak untuk dioperasikan.

Direktur Prasarana Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan Heru Wisnu mengatakan, pihaknya telah melakukan serangkaian pengujian prasarana kereta bandara, dan dinyatakan siap untuk dioperasikan.

“Pengujian prasarana meliputi pengujian terhadap Gedung Utama Area KA Bandara dan Jembatan Penyeberangan Orang. Saat ini Railink sedang memasang petunjuk (signage) untuk memudahkan penumpang,” kata Heru dalam keterangannya, Senin (23/9/2019).

Baca: Besok, RI-Jepang Teken MoU Proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya

Baca: Mengenal Maeklong Railway Market, Pasar yang Berada di Sisi Rel Kereta Api

Sementara Direktur Keselamatan Ditjen Perkeretaapian Zamrides mengatakan telah melakukan uji keselamatan (safety assessment) dan hanya kesalahan minor yang perlu diperbaiki.

“Yang kurang hanya pemberian tanda identifikasi naik dan turun pada eskalator, dan juga pembersihan area jembatan penyeberangan orang,” kata Zamrides.

Nantinya, Stasiun Manggarai akan diatur sebagai berikut:

1. KA Main Line akan berakhir di Stasiun Manggarai dan sebagian di Pasar Senen, sehingga KRL tidak berpotongan dengan KA main line di lintas tengah (Manggarai-Kota)

2. KA Main Line akan terpisah dengan KRL dari Bekasi dengan dibangunnya DDT (jalur dwi ganda/double double track) dari Manggarai-Bekasi

3. KRL Bekasi Line akan terpisah dengan KRL dari Bogor, Jakarta-Bogor akan berada di lantai III stasiun Manggarai, sedangkan Bekasi-Tanahabang-Jatinegara di Lantai I stasiun Manggarai.

4. KA Bandara akan beroperasi di Lantai I, dengan rute Manggarai-Duri-Batuceper-Bandara Soetta.

5. Lantai II akan digunakan khusus untuk layanan penumpang dan komersial area.

Penulis: Ria anatasia
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved