Kabinet Jokowi Maruf

Jadi Simbol Dunia Digital, Masuknya Nadiem Makarim ke Kabinet Direspons Positif

Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya meyakini masuknya generasi milenial ke Kabinet Kerja Jilid II akan membawa banyak nilai po

Jadi Simbol Dunia Digital, Masuknya Nadiem Makarim ke Kabinet Direspons Positif
TRIBUNNEWS/SENO
Pendiri Gojek, Nadiem Makarim, saat tiba di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya meyakini masuknya generasi milenial ke Kabinet Kerja Jilid II akan membawa banyak nilai positif.

Sebut saja Pendiri GOJEK Nadiem Makarim. ”Nadiem ini simbol dunia digital, startup, anak muda dengan pencapaian yang luar biasa di bidangnya,” katanya.

Bahkan kehadiran Nadiem yang notebene berstatus 'anak muda' akan membawa warna baru dalam dunia politik di Indonesia.

Di saat bersamaan, sambung pria yang kerap disapa Toto ini, kehadiran Nadiem sebagai pembantu Jokowi di pemerintahan secara langsung membuka ruang kepada anak muda untuk menggeluti politik praktis.

Baca: Inilah Sosok Nadiem Makarim, Calon Menteri Jokowi yang Hari Ini Dipanggil ke Istana

”Biasanya selama ini ketika ingin masuk politik harus melalui partai politik atau organisasi kemasyarakatan. Tapi dengan masuknya Nadiem akan membuka ruang anak-anak muda punya pilihan baru yakni di politik,” urainya.

Hanya Toto menggarisbawahi Nadiem akan menghadapi tantangan birokrasi. Di sini akan terlihat kepiawaian Nadiem sebenarnya dalam memberikan terobosan dalam kinerja birokrasi.

”Tantangan terberat Nadiem itu pada birokrasi di kementerian yang dipimpinnya. Kalau dia bisa membawa semangat gaya kerja di startup ke birokasi, maka ini efeknya bisa akan menular ke kementerian lainnya,” tukas Toto.

Penulis: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved