ACT Luncurkan Truk Tangki Air Berkapasitas 20 Ribu Liter

Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan armada terbarunya, yaitu Water Truck 2.0 dengan kapasitas tampung 20 ribu liter.

ACT Luncurkan Truk Tangki Air Berkapasitas 20 Ribu Liter
Ria Anatasia
Peluncuran Water Truck 2.0 berkapasitas 20 ribu liter di Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi pada Rabu (30/10/2019). 

TRIBUNNEWS.COM, BEKASI - Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan armada terbarunya, yaitu Water Truck 2.0 dengan kapasitas tampung 20 ribu liter.

Peluncuran truk tangki air itu dibarengi dengan program distribusi air bersih ke Desa Ridogalih, Kecamatan Cibarusah, Kabupaten Bekasi pada Rabu (30/10/2019).

Berbagai fungsi tambahan diberikan di armada baru ini untuk memaksimalkan pendistribusian air bersih serta memungkinkan aksi Iain.

Baca: OCBC NISP Gelar Festival TAYTB, Ajang Edukasi Keuangan yang Kekinian

Baca: Anggaran Bolpoin Rp 635 M, Anies Baswedan Kesal : Saya Punya 3 Pulpen, Mau Belanja Lagi?

Peluncuran Water Truck 2.0 dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin, Presiden ACT lbnu Khajar, Direktur Program ACT Wahyu Novyan hingga Camat Cibarusah Enop Can.

Ketua Dewan Pembina ACT Ahyudin mengatakan, peluncuran armada Water Truck seri kedua ini ditujukan untuk meluaskan jangkauan pendistribusian air bersih untuk wilayah kekeringan dan krisis air.

Water Truck menjadi salah satu solusi yang dikeluarkan ACT untuk mengatasi kebutuhan air masyarakat, selain Sumur Wakaf yang telah dibangun di berbagai penjuru negeri.

”Kami luncurkan Water Truck kedua ini untuk mendukung program pendistribusian air bersih, air merupakan sumber kehidupan. Air adalah kebutuhan mendasar manusia. Sementara kondisi kekeringan dan krisis air bersih masih menghantui warga di sejumlah wilayah di Indonesia. Data dari BMKG per 20 Oktober 2019, Pulau Jawa, Nusa Tenggara, dan Bali masih dilanda kekeringan ekstrem. Sebagian wilayah Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatra juga dilanda kekeringan sedang hingga panjang,” ujar Ahyudin.

Water Truck terbaru memiliki kapasitas tampung air sebanyak 20 ribu liter, melengkapi armada pendahulunya yang berkapasitas 8 ribu liter.

Tidak hanya itu, beragam fungsi baru Water Truck memungkinkan armada ini untuk membantu aksi kemanusiaan Iainnya.

Sutaryo selaku Koordinator Water Truck mengatakan, Water Truck dari ACT ini memiliki tiga keluaran air bertekanan serta dua keluaran air memanfaatkan gravitasi. Mesin keluaran air terletak di bagian paling belakang truk air.

Keluaran air bertekanan ini memanfaatkan putaran mesin sehingga memungkinkan untuk penyemprotan air dalam tekanan tinggi, yakni 3 bar hingga 7 bar.

Halaman
12
Penulis: Ria anatasia
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved