Tahun Baru 2020

Kementerian ESDM Bentuk Posko Nasional Amankan BBM Jelang Libur Nataru

Pembentukan posko nasional tersebut dilakukan sejak 17 November 2019 atau jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru).

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas Pertamina Delivery Service (PDS) mengisikan Pertamax Turbo dari jerigen khusus ke kendaraan roda empat yang kehabisan BBM, di Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jumat (22/11/2019). Layanan pesan antar BBM dan LPG melalui PDS ini melayani pemesanan Pertamax Turbo, Pertamina Dex, dan LPG Bright Gas dengan menghubungi Call Center Pertamina 135. Adapun harga BBM yang dijual sama dengan harga di SPBU dengan tambahan biaya antar Rp 20.000 per tujuan. Minimum order adalah 10 liter dengan maksimal 30 liter, sesuai dengan kapasitas motor pengantar BBM. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membentuk Posko Nasional Energi dan Sumber Saya Mineral buat mengamankan penyediaan dan distribusi bahan bakar minyak (BBM), gas, listrik, dan antisipasi bencana geologi.

Kepala BPH Migas Fashrullah Asa mengatakan pembentukan posko nasional tersebut dilakukan sejak 17 November 2019 atau jelang libur Natal dan tahun baru (Nataru).

"Sesuai arahan Kementerian ESDM, sejak November sudah berjalan karena mengantisipasi dan mengawasi kelangkaan BBM subsidi dan penugasan," ujar dia di kantornya Jakarta, Rabu (18/12/2019).

Baca: Banyak Pasal yang Multitafsir dalam Permen ESDM No.13/2018 tentang Kegiatan Usaha Hilir Migas

Fashrullah menjelaskan, Kementerian ESDM menunjuk BPH Migas sebagai penanggung jawab posko nasional sektor ESDM.

"BPH Migas jadi koordinator posko, intinya BPH Migas siap. Posko nasional mulai H-7 sampai H+8," katanya.

Sementara untuk pengawasan ketersediaan dan penyaluran BBM, Kementerian ESDM menggandeng mulai dari Pertamina hingga Shell.

"Penyaluran BBM ada Pertamina dan AKR. Di luar itu kita masukan ada Shell, Total, Vivo, dan BP untuk menjamin ketersediaan BBM," pungkas Fashrullah.

Editor: Fajar Anjungroso
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved