Rakernas PDI Perjuangan

Jokowi di Rakernas PDIP: Kita Harus Berdikari di Bidang Ekonomi

Hasil bumi perlu diolah terlebih dulu menjadi bahan setengah jadi atau jadi sebelum kemudian dipasarkan ke negara lain.

Jokowi di Rakernas PDIP: Kita Harus Berdikari di Bidang Ekonomi
TRIBUNNEWS/THERESIA FELISIANI
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato sambutan di Rakernas I sekaligus perayaan HUT ke-47 PDI Perjuangan di Kemayoran, Jakarta, Jumat (10/1/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Theresia Felisiani

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA  - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan tidak ingin terus-menerus mengekspor hasil sumber daya alam (SDA) dalam bentuk mentah.

Jokowi mengatakan, hasil bumi perlu diolah terlebih dulu menjadi bahan setengah jadi atau jadi sebelum kemudian dipasarkan ke negara lain.

"Intinya, seperti yang dikatakan Bung Karno dalam Trisakti-nya. Kita harus berdikari di bidang ekonomi," ungkap Jokowi saat sambutan Pembukaan Rakernas I dan HUT Ke-47 PDI Perjuangan di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Jokowi menjelaskan, kemandirian di bidang ekonomi akan membuat Indonesia tidak mudah ditekan oleh negara manapun. 

Baca: ‎Di Rakernas PDI Perjuangan, Jokowi Klaim Ekonomi Stabil dan Kemiskinan Turun

Dia juga berharap Indonesia bisa berdaulat di bidang politik sebagaimana konsep Trisakti dari almarhum Presiden Sukarno.

"Kita memiliki semua yang kita olah sendiri. Berdikari di bidang ekonomi dan berkepribadian dan berkebudayaan. Itu yang diajarkan Bung Karno," imbuhnya.

Jokowi melanjutkan dirinya tidak mau lagi minyak kelapa sawit diekspor dalam bentuk mentah. Melainkan harus diolah di dalam negeri menjadi B20, B30, B50 hingga B100.

"Kalau ini semua bisa masuk ke B100 saya tak bisa bayangkan kita sudah tidak impor minyak lagi. Semua yang kita pakai adalah biodiesel," kata Jokowi.

Penulis: Theresia Felisiani
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved