Menteri Teten Pastikan LPDB-KUMKM 100 Persen untuk Koperasi

hingga akhir 2019, realisasi penyaluran dana LPDB telah mencapai Rp 1,724 triliun atau 101,42 persen.

Menteri Teten Pastikan LPDB-KUMKM 100 Persen untuk Koperasi
Reynas Abdila
Menteri Koperasi dan UKM Republik Indonesia, Teten Masduki (kanan) dengan Ketua Komite IV DPD RI, Elviana usai rapat kerja di Gedung DPD RI, Jakarta, Selasa (14/1/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki memastikan Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) bakal fokus hanya di sektor koperasi tahun 2020.

“LPDB mulai tahun ini khusus untuk koperasi,” ujar Menkop usai Rapat Kerja dengan Komite IV DPD RI di Jakarta, Selasa (14/1/2020).

Menurutnya, hingga akhir 2019, realisasi penyaluran dana LPDB telah mencapai Rp 1,724 triliun atau 101,42 persen.

“Kami akan fokus membangun koperasi masa depan. Pengalaman koperasi itu tumbuh di negara kapitalis. Karena mereka masuk ke sektor rill bukan lagi di sektor simpan pinjam,” sambungnya.

Menkop mengatakan akan mengusung konsep koperasi baru di skala kampus-kampus agar menjadi inkubator bagi generasi penerus.

“Ada banyak model koperasi digital modern yang kita bisa dekatkan ke mahasiswa. Saya khawatir anggota koperasi sekarsng orang tua semua. Ini saya lihat bisa mati kalau tidak kita lakukan,” ucap Menkop menambahkan.

Menkop menyatakan generasi milenial punya peran strategis menjalankan re-branding koperasi.

Ia menyebut koperasi perlu membantu proses anak-anak penerus bangsa untuk menghasilkan karya hingga menikmati sisa hasil usaha dari karya tersebut.

“Lalu sebagian hasil dari penghasilan tersebut dapat dikumpulkan sebagai iuran yang menjadi modal usaha untuk memproduksi karya berikutnya,” kata Teten.

Adapun Ketua Komite IV DPD RI, Elviana mengapresiasi paparan program kerja Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2020.

Elviana mendorong Kemenkop UKM dalam rencana pelaksanaan Lembaga Pengelolaan Dana Bergulir sebesar 100 persen.

“Kami sepakat menindaklanjuti hasil rapat kerja melalui program/kegiatan strategis pengembangan Koperasi dan UMKM ke daerah,” jelas Elviana.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved