Dibawa ke Desa Terpencil, Wamen PUPR Wempi Wetipo Justru Nantang Masuk Hutan

Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana, mengakui sengaja mengajak Wempi ke desa terpencil di kabupaten tersebut yang berbatasan dengan Filipina.

HO/Tribunnews.com
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, mengunjungi Desa Talawid, Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Kamis (23/1/2020) untuk meresmikan sejumlah sekolah hasil renovasi oleh Kemen PUPR. Tampak Wamen bersama para murid SD. 

TRIBUNNEWS.COM, MANADO - Diberi tanggung jawab besar oleh Presiden Jokowi dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur membuat Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, sering berkunjung ke daerah-daerah terpencil. 

Misalnya saja hari ini, Kamis (23/1/2020), Wempi harus mengunjungi Desa Talawid, Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, untuk meresmikan sejumlah sekolah hasil renovasi oleh Kemen PUPR. 

Bupati Sangihe, Jabes E Gaghana, mengakui sengaja mengajak Wempi ke desa terpencil di kabupaten tersebut yang berbatasan dengan Filipina.

“Sebenarnya ada pilihan lokasi peresmian di kecamatan, tetapi karena kita tahu Pak Wamen berasal dari daerah, langsung kita ajak ke desa terpencil ini,” kata Bupati Jabes disambut tawa para hadirin.

kerjaan Umum dan Perumahan Ra
Wakil Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), John Wempi Wetipo, mengunjungi Desa Talawid, Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Kamis (23/1/2020) untuk meresmikan sejumlah sekolah hasil renovasi oleh Kemen PUPR. Tampak Wamen bersama para murid SD dan guru sekolah.

Menanggapi hal itu, Wempi yang pernah 10 tahun menjabat Bupati Jayawijaya, Papua, justru mengaku senang. Bahkan perjalanan panjang nan berbukit dari Bandara Naha ke Desa Talawid belum seberapa baginya.

“Ajak saya masuk hutan, jangan kasih yang biasa-biasa buat saya. Kalau bos-bos dari Jakarta kan biasanya belum-belum sudah tanya jauh tidak, jalannya gimana,” ujar mantan bupati yang pernah menyabet penghargaan dari KPK dan BPK ini.

“Kalau saya dibawa masuk hutan pun mau, saya siap demi rakyat,” imbuhnya disambut tepuk tangan.

Bagi Wempi, desa-desa di Kabupaten Kepulauan Sangihe adalah wilayah penting di Indonesia yang harus diperhatikan pembangunannya, termasuk dalam bidang infrastruktur.

“Karena di sinilah garda terdepan NKRI,” kata politisi PDI Perjuangan ini.


Dalam kesempatan itu, Wempi meresmikan 5 sekolah hasil renovasi di Kepulauan Sangihe, yakni SD Inpres Kendahe, SDN Talawid, SDN Malueng, SDN Miulu dan SMAN Tabukan Tengah. Total anggaran untuk merenovasi seluruh sekolah ini yakni, Rp 15 miliar.

Selesainya renovasi sekolah ini pun disambut para siswa yang sebelumnya harus numpang belajar di balai desa.

Sontak para siswa pun bersemangat menyalami Wamen Wempi dan meminta foto bersamanya.

“Hore akhirnya bisa belajar di sekolah lagi,” kata Fajar, seorang siswa kelas 3.

Berita Populer
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved