BPPT Dapat Tugas Uji Coba B40, Sebelum Implementasi di 2021

Pemerintah menargetkan program bahan bakar Biodiesel 40 persen (B40) bisa terealisasi pada Juli 2021

BPPT Dapat Tugas Uji Coba B40, Sebelum Implementasi di 2021
Fitri Wulandari
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Riset dan Teknologi sekaligus Kepala Badan Riset Inovasi Nasional (Menristek/BRIN) Bambang Brodjonegoro, serta Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Hammam Riza, di acara Rapat Kerja BPPT Tahun 2020, di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020). 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah menargetkan program bahan bakar Biodiesel 40 persen (B40) bisa terealisasi pada Juli 2021, sebagai bagian dari upaya mengurangi ketergantungan Indonesia terhadap impor bahan bakar minyak (BBM).

Pernyataan tersebut disampaikan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat menghadiri acara Rapat Kerja (Raker) Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Tahun 2020.

Melaui implementasi B40, Pemerintah berharap bisa melakukan subtitusi impor.

Baca: SAH! Pengunduran Diri PM Malaysia Mahathir Mohamad Disetujui Raja Abdullah Riayatuddin Al-Mustafa

Baca: Nikita Mirzani Terancam Hukuman Paling Lama 2 Tahun 8 Bulan Penjara

Oleh karena itu, Airlangga pun meminta BPPT sebagai lembaga kaji terap teknologi untuk melakukan uji coba terkait kesiapan bahan bakar jenis solar bercampur 40 persen minyak kelapa sawit (CPO) itu.

"Khusus mengurangi impor, pemerintah menyiapkan roadmap biodiesel 40 persen, diharapkan BPPT bisa menyiapkan uji coba. Dan Juli 2021 bisa diimplementasikan," ujar Airlangga, di Gedung BPPT II, Jakarta Pusat, Senin (24/2/2020).

Mantan Menteri Perindustrian ini kembali menekankan harapannya kepada BPPT agar bisa menghasilkan inovasi yang mendukung transformasi dan pengembangan industri tanah air.

Baik itu yang berorientasi pada ekspor, hilirisasi industri hingga subtitusi impor.

"Khusus BPPT, diharapkan bisa transformasi dari sisi produk. Termasuk pengembangan industri yang ada di roadmap industri 4.0," kata Airlangga.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved