Breaking News:

QRIS Bisa Jadi Pilihan Milenial dan Merchant untuk Metode Pembayaran Praktis

Bank Syariah Mandiri saat ini memiliki sekitar 3.000 merchant komersial dan masjid dan telah menerima sosialisasi tentang penggunaan QRIS.

TRIBUNNEWS/FITRI WULANDARI
Sosialisasi QRIS oleh Bank Mandiri Syariah ke kalangan pedagang pakaian di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (6/3/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -  Metode pembayaran Quick Response Code Indonesia Standard (QRIS) atau kode respons cepat berstandar nasional diyakini bisa menjadi pilihan baru untuk metode pembayaraan yang akan disenangi milenial dan merchant karena menawarkan kepraktisan.

Bank Syariah Mandiri saat ini memiliki sekitar 3.000 merchant komersial dan masjid dan telah menerima sosialisasi tentang penggunaan QRIS.

Group Head Digital Banking Sales and Partnership Mandiri Syariah Riko Wardhana mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan mendaftarkan sekitar 20 ribu debitur pembiayaan mikro segmen perdagangan untuk menjadi merchant transaksi QRIS.

Dia menilai, metode pembayaran berbasis digital ini sangat cocok bagi segmen milenial yang menginginkan hal yang serba cepat dan praktis.

Baca: Oppo Find X2 Resmi Meluncur, Bawa Segudang Teknologi Terbaru

"Metode pembayaran ini sangat cocok bagi kaum milenial yang sudah sangat familiar dengan gadget dan teknologi," ujar Riko, Jumat (6/3/2020).

Selain itu, metode ini memberikan keuntungan pula bagi para merchant karena bisa meningkatkan pertumbuhan traffic penjualan mereka.

Baca: Pinjaman Online Lagi Disorot, Begini Metode Penagihan yang Benar Menurut Cashwagon

"Bagi merchant yang cepat mengikuti trend pembayaran secara non-tunai atau digital, akan lebih berpotensi meningkatkan market dan traffic penjualannya," kata Riko.

Dalam proses transaksinya, QRIS menggunakan aplikasi Mandiri Syariah Mobile.

Baca: Vivo V19 Akan Hadir dengan Layar Ultra O, Tertipis di Kelasnya

Masyarakat tidak perlu khawatir karena mereka bisa menikmati kemudahan metode pembayaran ini meskipun belum menjadi nasabah Mandiri Syariah.

Pembukaan rekening baru bisa dilakukan secara online dengan cara men-download aplikasi Mandiri Syariah Mobile di ponsel pintar.

Corporate Secretary Mandiri Syariah Ahmad Reza menyatakan, Mandiri Syariah Mobile juga memiliki beragam kegunaan lainnya.

Selain mengakomodasi kebutuhan masyarakat dalam bertransaksi, juga memudahkan nasabah dalam beribadah dan berbagi melalui fitur pembayaran zakat, infak, sedekah, wakaf hingga kurban.

Hingga Februari 2020, terdapat 1200 masjid di seluruh Indonesia yang telah bekerja sama menggunakan QRIS Mandiri Syariah.

Sementara, total user Mandiri Syariah Mobile mencapai 1,1 juta user dengan jumlah transaksi sebanyak 24 juta transaksi.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved