Ini Penjelasan BMKG soal Hoaks Angin dari Utara Membawa Wabah

informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG

INSTAGRAM/@lapan_ri
Di media sosial, beredar info angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit selama tiga hari. BMKG dan LAPAN kompak bilang HOAX! 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Saat wabah corona, ada saja hoaks berseliweran.

Terbaru, beberapa waktu ini beredar pesan singkat yang tersebar di masyarakat melalui WhatsApp, yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan yang membawa wabah penyakit.

Atas beredarnya kabar tersebut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofsika (BMKG) menjelaskan, informasi yang menyatakan akan ada angin utara menuju selatan membawa wabah penyakit, dapat dipastikan bukan berasal dari BMKG.

Baca: Jakarta Mulai PSBB, Driver Ini Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Ojol: Bukan Saya Saja yang Diusir

Baca: Ratusan Anggota Kerajaan Arab Saudi Positif Corona, Raja Salman Isolasi Diri di Sebuah Pulau

"Isi informasi tersebut hoax serta tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," tegas Plt. Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Herizal, dalam rilis, Kamias (9/4).

BMKG menegaskan, saat ini sebagian besar wilayah Indonesia sedang berada pada peralihan musim hujan menuju musim kemarau.

Sehingga sirkulasi angin tidak lagi didominasi dari utara (dari benua Asia), bahkan di beberapa wilayah di bagian selatan Indonesia kini sudah mulai berhembus angin dari timur - selatan (dari Benua Australia).
Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi melalui situs resmi dan Twitter.

Berita Ini Sudah Tayang di KONTAN, dengan judul: Ada hoaks angin dari utara membawa wabah, ini penjelasan resmi BMKG

Editor: Sanusi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved