Breaking News:

Virus Corona

Dampak Corona, Pegadaian: Ada Pengusaha Gadaikan Mobil Alphard

Pegadaian (Persero) menyebutkan, banyak pengusaha menggadaikan mobil untuk mendapatkan uang tunai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Petugas melayani nasabah yang menggadaikan emas di Pegadaian Cabang Pembantu Cikudapateuh, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (15/5/2018). Menjelang Ramadan, warga yang menggadaikan barang berharganya meningkat, guna mendapatkan pinjaman untuk kebutuhan bisnis di bulan puasa. (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dampak corona dan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) memukul hampir semua sektor dan seluruh lapisan ekonomi masyarakat, tidak terkecuali dari kalangan pengusaha.

PT Pegadaian (Persero) menyebutkan, banyak pengusaha menggadaikan mobil untuk mendapatkan uang tunai dari puluhan hingga ratusan juta rupiah.

Plt Sekretaris Pegadaian R Swasono Amoeng Widodo mengatakan, jenis mobil yang digadaikan satu di antaranya yakni Toyota Alphard.

"Paling kecil Rp 50 juta, ada Rp 300 juta, dan Alphard Rp 400 juta," ujarnya kepada Tribunnews.com di Jakarta, Kamis (7/5/2020).

Menurutnya, pengusaha-pengusaha ini sampai menggadaikan kendaraan mewah karena butuh uang, di sisi lain kalau menjualnya justru susah ketika ada pandemi corona atau Covid-19.

"Orang kaya cari duit biar arus kas mengalir. Terus barang yang ada sulit dijual, sehingga digadaikan," kata Amoeng.

Di sisi lain, ia menambahkan, dampak Covid-19 ke perekonomian bisa semakin parah apabila pembatasan sosial berskala besar (PSBB) tidak dilonggarkan.

"Nanti bisa 3 bulan lagi hancur, menutup terminal bus sama bandara, bangkrut semua pemilik bus. Mobilisasi tidak ada, uang tidak ada, kalau selamanya begini maka PSBB akan merusak tatanan," pungkasnya.

Kalangan Pengusaha

Halaman
12
Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved