Teten Masduki: Inisiasi GrabMerchant Jadi Solusi Bagi UMKM

Dengan digitalisasi dapat mempermudah UMKM dalam menentukan kebutuhan market atau masyarakat

Editor: Content Writer
Tribunnews/JEPRIMA
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki. 

TRIBUNNEWS.COM - Grab kembali meluncurkan inovasi terbaru, yaitu GrabMerchant. Inovasi tersebut merupakan platform all-in-one yang diperuntukkan untuk membantu Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Menurut Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, saat ini peluncuran tersebut merupakan sebuah solusi untuk menghadapi dampak dari Covid-19 dan dapat mendorong beradaptasi dengan sistem digital.

Sebab ia mengatakan, sekitar 83% pelaku UMKM masih menjalankan bisnisnya secara konvensional.

“Covid-19 telah menyebabkan perubahan perilaku konsumen yang signifikan terhadap layanan berbasis online di seluruh dunia. Hal tersebut turut memicu terciptanya berbagai inovasi di Indonesia. Platform GrabMerchant ini merupakan salah satu wujud dari komitmen jangka panjang kami ‘Grab for Good’ untuk membantu percepatan transformasi digital para UMKM di Indonesia, dengan menyediakan solusi bisnis yang mudah digunakan untuk membantu mereka memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis online mereka secara mandiri,” ujar Neneng saat telekonferensi online, Kamis (11/6/2020) siang.

Menteri Kooperasi dan UKM, Teten Masduki yang hadir di acara tersebut, juga menilai langkah tersebut sangat bermanfaat bagi para pelaku UMKM. Menurutnya, digitalisasi UMKM merupakan kunci untuk pemulihan ekonomi di tengah wabah pandemi Covid-19.    

“BI (Bank Indonesia) mencatat penjualan di marketplace online naik 13%. Jadi, memang digitalisasi UMKM menjadi hal positif untuk menumbuh kembangkan UMKM termasuk juga memberikan pelayanan yang mudah bagi konsumen,” ujar Teten dalam telekonferensi.

Teten menambahkan, inovasi tersebut sejalan dengan program pemerintah dalam mengkampanyekan produk-produk buatan Anak Bangsa.

“Saat ini pemerintah juga gencar untuk mengkampanyekan dan mendorong (UMKM) melalui gerakan ‘Bangga Buatan Indonesia’. Dengan digitalisasi dapat mempermudah UMKM dalam menentukan kebutuhan market atau masyarakat,” ujarnya.

Ia juga menilai inisiasi yang telah dibuat oleh Grab bisa menjadi salah satu solusi bagi UMKM untuk berkembang di masa seperti saat ini.

“Inisiasi GrabMerchant bisa menjadi solusi bagi UMKM untuk berkembang dan meningkatan pelayanan kepada konsumen. Hal ini sejalan dengan program pemerintah,” kata Teten.

Kolaborasi menjadi hal yang penting untuk membantu UMKM di masa seperti saat ini. Teten mengatakan, pemerintah tengah berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengoptimalkan dan memperluas jaringan pemasaran untuk UMKM.

“Kolaborasi dengan berbagai pihak juga akan kita terus optimalkan untuk memperluas jaringan pemasaran UMKM. Kami akan terus mendorong perluasan pasar bagi UMKM. Karena itu kerja sama dengan berbagai pihak ini menjadi penting untuk terus ditingkatkan,” tutup Teten.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved