Breaking News:

Ada PSBB, Penjualan UMKM Turun dan Kesulitan Modal

Karena PSBB, mengalami penurunan penjualan, kesulitan mendapatkan bahan baku, terhambatnya distribusi, kesulitan permodalan, dan terhambatnya produksi

Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Petugas melakukan penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran virus corona (Covid-19), di Hotel Mercure, Jalan Lengkong Besar, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (11/6/2020). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Fakultas Hukum Universitas Diponegoro (FH Undip) menyatakan, virus corona atau Covid-19 menjadi bencana nasional karena tidak hanya jumlah korban meningkat, tapi juga cakupan wilayahnya.

Peneliti dan dosen Hukum Pajak FH Undip Budi Ispiyarso mengatakan, pandemi ini tidak hanya berdampak pada aspek kesehatan, namun juga sosial, ekonomi dan sebagainya.

Dia menyebutkan, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah menyebabkan kegiatan ekonomi masyarakat sangat terbatas.

Dalam teleconference, Jumat (12/6/2020), dia mengatakan, omset Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merosot drastis karena pemberlakuan PSBB.

Mereka mengalami penurunan penjualan, kesulitan mendapatkan bahan baku, terhambatnya distribusi, kesulitan permodalan, dan terhambatnya produksi.

"Bahkan kemungkinan ada 40 persen dari UMKM yang bisa bangkrut akibat adanya virus ini. Kalau tidak segera diatasi maka hal itu akan terjadi," ujar Budi.

Mal Persiapan Buka

Terkait PSBB di DKI Jakarta, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan bbeberapa jenis tenant atau tempat usaha di dalam mal belum boleh beroperasi saat pembukaan kembali pusat perbelanjaan pada 15 Juni 2020 mendatang.

Ada beberapa tempat usaha di dalam mal yang berpotensi menimbulkan kerumunan dan menjadi tempat penyebaran Covid-19 yang masih dilarang beroperasi.

Baca: Fakta Sebenarnya di Balik Kisah Viral 5 Bocah Minta Diadopsi, Orang Tua Meninggal Akibat Covid-19

Halaman
12
Berita Populer
Penulis: Yanuar Riezqi Yovanda
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved