Breaking News:

Indonesia Resmi Terpilih Jadi Anggota Dewan Ekonomi PBB

Berbeda dengan proses sebelumnya, pemilihan kali ini diselenggarakan tanpa sidang plenary sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Editor: Choirul Arifin
TRIBUNNEWS.COM/HO
ILUSTRASI - Wakil Ketua BAZNAS, Dr. Zainulbahar Noor, SE, M.Ec, menjadi pembicara pada Forum Economic and Social Council (Ecosoc) PBB, di Kantor Pusat PBB, New York, AS, Selasa (24/4/2018). Zainul memperkenalkan pada dunia internasional tentang Inklusi Zakat (Zakat Inclusion), pelayanan zakat oleh agen laku pandai. TRIBUNNEWS.COM/BAZNAS/IST 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Indonesia resmi terpilih sebagai anggota Dewan Ekonomi dan Sosial PBB atau Economic and Social Council (ECOSOC) periode 2021-2023. Indonesia terpilih dari Kelompok Asia-
Pasifik dalam pemilihan yang berlangsung tertutup di kantor pusat PBB di New York pada Rabu (17/6/2020) pagi waktu setempat.

Berbeda dengan proses sebelumnya, pemilihan kali ini diselenggarakan tanpa sidang plenary
sebagai upaya pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut, perwakilan dari masing-masing Perutusan Tetap di New York hadir untuk memberikan suara.

Wakil tetap RI untuk PBB, Dian Triansyah Djani dalam keterangannya mengatakan Indonesia berkomitmen untuk terus berpartisipasi aktif dalam mendorong upaya pencapaian Agenda Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals) 2030.

“Indonesia juga akan terus berupaya meningkatkan peran dalam pembahasan isu-isu strategis
terutama pada Badan-Badan Khusus di bawah ECOSOC di antaranya FAO, WHO, IMO, ICAO, dan IAEA,” ujarnya.

Baca: Profil Daniel Adnan, Aktor Laga Berdarah Republik Ceko yang Nikahi Tara Basro

Terpilihnya Indonesia di ECOSOC memiliki arti penting, yakni untuk pemanfaatan platform ECOSOC dalam mendorong upaya pemulihan ekonomi dan sosial pascapandemi Covid-19.

Selain itu, merefleksikan kepemimpinan global Indonesia dalam mendorong akselerasi pencapaian SDGs, serta kemajuan program prioritas nasional yang sejalan dengan SDGs sekaligus berkontribusi dalam transformasi ekonomi, khususnya pada sektor ekonomi mempunyai nilai tambah tinggi bagi kemakmuran bangsa. 

Baca: Line Up Terbaru Toyota Dijanjikan Akan Meluncur Sesuai Jadwal, Termasuk Fortuner Terbaru?

Djani mengungkapkan Indonesia memperoleh 186 suara dari total 190 suara.

Selain Indonesia, Jepang (185 suara) dan Kepulauan Solomon (187 suara) juga terpilih mewakili Kelompok Asia-Pasifik.

Sementara itu, Guatemala, Bolivia, Argentina, dan Meksiko, terpilih mewakili Kelompok Amerika Latin dan Karibia; Bulgaria terpilih di Kelompok Eropa Timur; Libya, Liberia, Nigeria, Madagaskar dan Zimbabwe terpilih di Kelompok Afrika, dan pada Kelompok Eropa Barat dan lainnya, Austria, Jerman dan lainnya. 

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved