Breaking News:

Tercemar Bakteri Listeria, Jamur Enoki Dimusnahkan Kementan

Indonesia mendapatkan kabar atas Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia

https://www.freepik.com/
Gambar jamur enoki 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian ( BKP Kementan) memusnahkan jamur enoki asal Korea Selatan yang tercemar bakteri Listeria monocytogenes.

Bakteria listeria monocytogenes merupakan salah satu bakteri yang tersebar luas di lingkungan pertanian (tanah, tanaman, silase, fekal, limbah, dan air).

Baca: Apakah Jamur Enoki Beracun, Mengandung Bakteri Listeria? Waspadai Gejala Awal Setelah Mengkonsumsi

Indonesia mendapatkan kabar atas Kejadian Luar Biasa (KLB) pada Bulan Maret-April 2020 di Amerika Serikat, Kanada, dan Australia terkait bakteri tersebut.

Dalam keterangan yang diterima Tribunnews.com, Badan Ketahanan Pangan Kementan memerintahkan importir jamur enoki dari Green Co Ltd, Korea untuk melakukan penarikan dan pemusnahan.

Hal itu berdasarkan UU Pangan No. 18/2012 Pasal 90, PP 86/2019 Pasal 28 dan Permentan 53/2018.

”Pemusnahan dilakukan pada tanggal 22 Mei 2020 dan 19 Juni 2020 di PT. Siklus Mutiara Nusantara, Bekasi, yang dihadiri oleh perwakilan dari pelaku usaha dan BKP, sejumlah 1.633 karton dengan berat 8.165 kg,” tulis keterangan resmi BKP, Kamis (25/6/2020).

“Masyarakat dihimbau agar lebih cermat dan berhati-hati dalam membeli produk pangan khususnya pangan segar asal tumbuhan, pilih pangan yang sudah terdaftar (ditandai dengan no pendaftaran PSAT),” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Kementan Yasid Taufik menegaskan bahwa jamur enoki terbukti mengandung Listeria sehingga produk dimusnahkan.

“Dua hari yang lalu kita telah memusnahkan jamur enoki, karena beberapa negara di Australia, Amerika dan beberapa negara lain, telah menginfokan bahwa jamur enoki mengandung listeria," jelas Yasid dalam seminar Webinar Keamanan Pangan di Era New Normal, Rabu (24/6/2020).

Yasid mengungkapkan, pihaknya telah mengawasi dan pengujian yang hasilnya menyatakan bahwa jamur enoki benar mengandung listeria.

Baca: Jamur Enoki Miliki Kandungan Listeria, Ahli Gizi: Bakteri akan Mati Jika Dimasak dengan Benar

Diketahui keberadaan jamur enoki di Indonesia saat ini cukup hits.

Mengingat adanya tren masakan ala suki di mana jamur ini digunakan sebagai toping atau pelengkap.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Imanuel Nicolas Manafe
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved