Breaking News:

Pesawat Garuda Tergelincir

Data Lengkap Pesawat Airbus Garuda A330-300 yang Tergelincir di Bandara Hasanuddin, Makassar

Pesawat Airbus A330-300 Garuda nomor penerbangan 613 terperosok di ujung Runway RW21 Bandara Hasanuddin, saat melakukan 180 turn untuk take off.

Kompas.com
Pesawat Airbus A330-300 Garuda Indonesia tergelincir di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (1/7/2020) malam saat akan take off menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Banten. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Malam ini, Rabu, 1 Juli 2020, pukul 18.55 landing time, pesawat Garuda Indonesia nomor penerbangan 613 terperosok di ujung Runway RW21 Bandara Hasanuddin, Makassar, saat melakukan 180 turn untuk siap take -off menuju Bandara Interasional Soekarno-Hatta d Cengkareng, Banten, (CGK)

Berdasarkan infomasi yang Tribunnews himpun malam ini, berikut data-data mengenai pesawat Garuda Airbus A3300 nahas tersebut:

Tipe pesawat: Airbus A330-300
Registrasi : PK GHD
Nomor penerbangan: GIA613
Rute : WAAA-WIII
Tanggal : 01 Juli 2020
Time : 10.55 UTC
PIC : -
POB : 26

Wind : 050/05 knot (AWOS)
Wx : Good
Runway in use : 21

Kronologi kejadian:

Pukul 10.55 utc GIA 613 WAAA-WIII, Nose wheel dan Left MLG keluar dari landasan ketika melakukan "right turning" untuk lining up position di RW21, kemudian melapor ke tower pengawas untuk minta bantuan.

Pukul 11.16 UTC, semua penumpang kemudian diturunkan di ujung landasan. Pesawat kemudian dievakuasi untuk ditarik ke apron bandara.

Pernyataan resmi Garuda

Menanggapi kejadian tersebut, PT Garuda Indonesia menyatakan saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan otoritas penerbangan terkait, untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut termasuk penanganan pesawat dan penumpang.

Direktur Utama PT Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra, menyebutkan bahwa seluruh penumpang dan awak pesawat pada penerbangan GA 613 tersebut telah dievakuasi dari pesawat dengan selamat.

Baca: BREAKING NEWS - Pesawat Garuda Rute Makassar-Jakarta Tergelincir saat Hendak Lepas Landas

"Kami juga telah menerapkan kebijakan service recovery terhadap penumpang, melalui penyediaan fasilitas akomodasi untuk kemudian penumpang akan kembali diterbangkan pada esok hari," ucap Irfan dalam keterangannya, Rabu (1/7/2020).

Baca: Beredar Foto-foto Pesawat Garuda Tergelincir Keluar Lintasan di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

"Kami dari Garuda Indonesia, menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi terkait kecelakaan yang terjadi," lanjut Irfan.

Baca: Penjelasan Garuda Tentang Insiden Airbus A330 yang Tergelincir Keluar Landasan di Makassar

Irfan juga mengatakan, Garuda Indonesia bersama pihak otoritas terkait sedang melakukan pemeriksaan dan evaluasi lebih lanjut mengenai penyebab kejadian tersebut.

Penulis: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved