Breaking News:

Mandalika Diprediksi akan Jadi Ikon Pariwisata Lombok Tengah

The Mandalika, salah satu dari lima wisata super prioritas itu berpotensi dikembangkan. The Mandalika berada di Lombok Tengah, NTB.

Istimewa
Kawasan Mandalika. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Glery Lazuardi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata menargetkan lima destinasi wisata super prioritas pada 2020. Adapun 5 destinasi wisata super prioritas itu diantaranya Danau Toba, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Labuan Bajo.

The Mandalika, salah satu dari lima wisata super prioritas itu berpotensi dikembangkan. The Mandalika berada di Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca: Kapolda NTB Ikut Panen Raya di Kampung Sehat Desa Kembang Kuning

Tokoh masyarakat Lombok Tengah, Masrun, mengatakan Lombok Tengah mempunyai modal utama mewujudkan cita-cita mendunia, yakni potensi pariwisata didukung keindahan panorama alam maupun wisata kulturalnya.

Menurut dia, pesona alam dan ragam kekayaan seni budaya Lombok Tengah sudah menjadikan daerah ini tujuan destinasi wisata yang mampu menarik kunjungan wisatawan, bahkan sebelum KEK Mandalika dikembangkan. Saat ini keberadaan The Mandalika semakin membuka peluang bagi daerah ini untuk lebih maju di sektor pariwisata.

"Potensi sumber daya alam luar biasa. Keindahan alam yang dipadukan oleh ragam kekayaan seni dan budaya, maka sangat pantas dikenal dunia," kata dia, dalam keterangannya, Sabtu (18/7/2020).

Baca: Pembangunan Mandalika International Street Circuit Tetap Berjalan, Ini Progresnya

Dia menjelaskan Mandalika bisa menjadi core ikon pariwisata Lombok Tengah, di mana investasi bisa berkembang di kawasan wisata berkelas internasional itu.

Sementara itu, kawasan penyangga akan menjadi pelejit peningkatan ekonomi masyarakat, dan bisa membuka kesempatan investasi bagi pengusaha domestik dan lokal yang ada.

Untuk mendukung potensi wisata, kata dia, pentingnya meningkatan kapasitas masyarakat seiring pembenahan destinasi lain di lingkar KEK Mandalika membuat kesempatan berkembang perekonomian masyarakat semakin terbuka luas.

Peningkatan kapasitas masyarakat dilakukan dengan cara mengembangkan kawasan penyangga KEK Mandalika sebagai destinasi-destinasi alternatif dengan konsep Desa Wisata modern.

Halaman
12
Penulis: Glery Lazuardi
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved