Breaking News:

Virus Corona

Dirut Irfan Setiaputra: yang Bisa Membantu Garuda Secepatnya Recover adalah Penumpang

Kekuatan pertolongan penumpang mengalahkan bantuan pinjaman Rp 8,5 triliun yang diberikan pemerintah kepada Garuda.

TRIBUN/DANY PERMANA
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra menjawab pertanyaan jurnalis saat melakukan sesi wawancara dengan Tribunnews.com di kantor Garuda Indonesia, Bandara Soekarno-Hatta, Banten, Kamis (11/6/2020). TRIBUNNEWS/DANY PERMANA 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Manajemen Garuda Indonesia terus melakukan berbagai upaya untuk menyelamatkan keberlanjutan bisnis mereka selama masa pandemi virus corona.

Di bawah komando Irfan Setiaputra yang dipilih menjadi Direktur Utama lewat Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada 22 Januari 2020 silam, segala upaya telah dilakukan.

Mulai dari pemotongan gaji, memberikan penawaran pensiun dini kepada karyawan, hingga pemutusan kontrak kerja terhadap para pilotnya.

Namun demikian berbagai upaya itu tampaknya belum begitu membuahkan hasil.

Kini, satu-satunya cara menyelamatkan maskapai pelat merah itu dari tekanan keuangan akibat pandemi Covid-19 hanyalah penumpang.

Bahkan menurut Irfan Setiaputra, kekuatan pertolongan penumpang itu mengalahkan bantuan pinjaman Rp 8,5 triliun yang diberikan pemerintah kepada Garuda.

"Yang bisa membantu Garuda secepatnya recover itu penumpang," kata Irfan dalam sebuah diskusi virtual, Jumat (24/7/2020).

Pemerintah sebelumnya memang memberikan bantuan dana talangan dengan skema mandatory convertible bond kepada Garuda senilai Rp 8,5 triliun.

Bantuan bertenor tiga tahun itu diberikan guna membangkitkan kembali maskapai nasional itu dari keterpurukan ekonomi akibat virus corona.

Baca: Pemulihan Sektor Pariwisata, Garuda Indonesia Minta Prasarana Transportasi Kembali Diaktifkan

Namun menurut Irfan, bantuan talangan dari pemerintah itu tidak bisa sepenuhnya membantu perusahaan dalam jangka panjang.

Halaman
123
Penulis: Hari Darmawan
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved