Breaking News:

Kembangkan Usaha di Tengah Pandemi, Pelaku UMKM Disarankan Masuk ke Perdagangan Online

Platform digital BatamCommerce untuk membantu UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah.

ist
Haris L. 

Laporan Reporter Tribunnew, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 telah menekan kegiatan perekonomian secara nasional, terlebih bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Wakil Presiden Republik Indonesia KH. Ma'ruf Amin mengatakan, untuk membendung dampak krisis ekonomi akibat pandemi Corona, pemerintah telah melakukan berbagai kebijakan untuk melindungi masyarakat maupun pelaku usaha.

Selain bantuan sosial (bansos), pemerintah juga telah merancang berbagai kebijakan yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi para pelaku usaha melalui Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2020.

Hal tersebut selaras dengan bentuk kesigapan dari Haris Lambey, calon Wali Kota Batam 2020-2025, yang kerap memberikan solusi untuk memperbaiki perekonomian UMKM masyarakat.

Salah satu caranya dengan meluncurkan platform digital BatamCommerce untuk masyarakat Batam, agar UMKM dapat mengembangkan bisnisnya dengan lebih mudah. 

Baca: Wamenparekraf Angela Dorong Pelaku UMKM Pasarkan Produk di Platform E-commerce

"Keberadaan dari platform ini kami harapkan dapat melahirkan banyak pengusaha-pengusaha baru di Batam,” ujar Haris, Jakarta, Minggu (26/7/2020).

Anggota aktif Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dittahti) Polda Kepulauan Riau itu berharap eksistensi dari BatamCommerce dapat memberikan kemudahan pelaku UMKM yang sudah lama maupun baru.

Baca: Marketplace Khusus Bantu Usaha Kuliner Online Perluas Pasar

“Saya mendukung masyarakat di mitra-mitra UMKM untuk memasarkan produk mereka secara mudah dengan menggunakan fitur-fitur layanan yang ada didalam BatamCommerce. Seperti platform untuk jual beli, sampai forum diskusi dan pelatihan atau pembinaan bagi para pelaku UMKM di Batam. Pengurusan izin usaha pun bisa sekalian dilakukan, jadi semuanya saling terintegrasi,” paparnya.

Menurutnya, BatamCommerce juga sebagai solusi bagi pelaku dalam menjual produknya tanpa harus bertatap muka dengan pembeli.

“Dengan terbatasnya ruang tatap muka dan protokol physical distancing di era new normal ini, UMKM harus segera go online. Semoga BatamCommerce dapat terealisasi dan insyaallah bisa memfasilitasi itu semua," ujar Haris.

"Dengan sejahteranya UMKM, saya harap lebih banyak lapangan kerja yang tercipta di Batam sehingga lebih banyak tenaga kerja yang terserap,” sambungnya.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved