Breaking News:

Jelang Libur Panjang Akhir Pekan Ini, Pemesanan Tiket KAI Mencapai 7.270 Perjalanan

PT KAI mencatat, menjelang libur panjang akhir Oktober 2020 pemesanan tiket Kereta Api per 24 Oktober 2020 capai 7.270 perjalan

Tribunnews/Jeprima
Penumpang menunggu keberangkatan di atas kereta api jarak jauh di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (10/7/2020). PT KAI kembali mengoperasikan Stasiun Gambir guna melayani penumpang kereta jarak jauh dengan enam keberangkatan. Suasana Stasiun Gambir yang setelah beberapa waktu lalu tampak sepi kini mulai terlihat ramai kembali. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat, menjelang libur panjang akhir Oktober 2020 pemesanan tiket Kereta Api (KA) per  24 Oktober 2020 mencapai 7.270 perjalanan.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, jumlah pemesanan tiket tersebut untuk keberangkatan pada 27 Oktober dan 28 Oktober 2020.

"Data tersebut diprediksi dapat berubah dan mengalami peningkatan, karena masih terdapat pemesanan tiket secara online," ucap Eva dalam keterangannya, Minggu (25/10/2020).

Menurut Eva, jumlah rata-rata penumpang per hari pada momen libur panjang tersebut bertambah dua kali dibandingkan akhir pekan minggu lalu pada Jumat (16/10/2020) yakni sebesar 2.876.

"Untuk mengakomodir kebutuhan pengguna jasa KA yang mengalami peningkatan, maka pada periode momen libur panjang ini akan ada penambahan 27 perjalanan KA jarak jauh per hari," ujar Eva.

Baca juga: Jelang Long Weekend Oktober 2020, Garuda Indonesia Tawarkan Diskon Tiket Pesawat hingga 40%

Baca juga: Penumpang Kereta Api Area Daop 1 Jakarta yang akan Rapid Test di Stasiun, Diimbau H-1 Keberangkatan

Aktivitas di Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2020). Libur panjang di bulan Agustus 2020 berdampak pada okupansi kereta api di berbagai jurusan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara bertahap terus menambah jumlah perjalanan keretanya dengan pola operasi yang disesuaikan dengan permintaan pasar, khususnya selama empat hari berturut-turut saat libur panjang ini, 20-23 Agustus 2020. Pada 23 Agustus akan dijalankan KA Blora Jaya rute Cepu-Semarang Poncol pp dan KA Ambarawa Ekspres rute Semarang Poncol-Surabaya Pasar Turi. Sebelumnya, KA Dharmawangsa rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen dan KA Ciremai rute Semarang Tawang-Bandung juga telah dijalankan dengan pola jadwal perjalanan pada hari tertentu. Tribun Jateng/Hermawan Handaka
Aktivitas di Stasiun Semarang Tawang, Kota Semarang, Jawa Tengah, Jumat (21/8/2020). Libur panjang di bulan Agustus 2020 berdampak pada okupansi kereta api di berbagai jurusan. PT Kereta Api Indonesia (KAI) secara bertahap terus menambah jumlah perjalanan keretanya dengan pola operasi yang disesuaikan dengan permintaan pasar, khususnya selama empat hari berturut-turut saat libur panjang ini, 20-23 Agustus 2020. Pada 23 Agustus akan dijalankan KA Blora Jaya rute Cepu-Semarang Poncol pp dan KA Ambarawa Ekspres rute Semarang Poncol-Surabaya Pasar Turi. Sebelumnya, KA Dharmawangsa rute Surabaya Pasar Turi-Jakarta Pasar Senen dan KA Ciremai rute Semarang Tawang-Bandung juga telah dijalankan dengan pola jadwal perjalanan pada hari tertentu. Tribun Jateng/Hermawan Handaka (Tribun Jateng/Hermawan Handaka)

Ia menyebutkan, 27 perjalanan KA jarak jauh tambahan ini akan berangkat dari area Daop 1 Jakarta dengan awal dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota.

"Bertambahnya penumpang KA jelang libur panjang juga berdampak pada padatnya antrian rapid test Covid-19 di stasiun," kata Eva.

Eva mengungkapkan, tercatat pada 24 dan 25 Oktober 2020 layanan rapid di Stasiun Pasar Senen dan Gambir rata-rata melayani hingga sekitar 1.100 calon penumpang.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Anita K Wardhani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved