Breaking News:

Masa Pandemi, Diperlukan Kepemimpinan yang Efektif Agar Bisnis Kembali Rebound 

Kepemimpinan yang efektif dan bisa menghasilkan rebound bagi bisnis sangat dibutuhkan pengusaha dan wirausahawan agar bisnisnya bangkit di 2021

HANDOUT
CEO Kubik Leadership, Jamil Azzaini 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Mengutip data terbaru dari Trading Economics, setidaknya 47 negara telah masuk dalam daftar negara yang mengalami resesi ekonomi.

Di Asia, seperti dinyatakan Kepala Ekonom Asian Development Bank (ADB) Yasuyuki Sawada, perekonomian di sebagian besar negara di Asia dan Pasifik akan berada pada jalur pertumbuhan yang sulit di sisa tahun 2020 ini.

Lantas, bagaimana dengan posisi negara kita Indonesia?

CEO Kubik Leadership, Jamil Azzaini mengatakan, posisi Indonesia ternyata dinilai berada pada posisi calon negara yang berpotensi resesi.

"Meski demikian, kondisi perekonomian secara global diproyeksi akan kembali bangkit kembali dari kejatuhannya, alias rebound di tahun 2021 mendatang," ujar Jamil Azzaini, Jumat (20/11/2020).

Dia mencontohkan sejumlah proyeksi yang dipublikasikan oleh ADB, IMF, The Fed’s, dan Bloomberg.

Senada dengan proyeksi-proyeksi bernada rebound tadi, pada 2 September 2020 lalu, Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dan Menteri Keuangan Sri Mulyani pada kesempatan yang berbeda menyatakan proyeksi serupa untuk ekonomi Indonesia di tahun 2021.

Baca juga: Pengamat: Indonesia Harus Optimis Pulihkan Ekonomi di Tengah Resesi

Seberapa proyeksi bernada rebound tersebut dapat menjadi kenyataan bagi banyak organisasi di Indonesia? "Ternyata, jawaban dari pertanyaan tersebut salah satunya ditentukan oleh sejauh mana setiap pemimpin di dalam setiap organisasi mampu menunjukkan kepemimpinan yang efektif dalam menghasilkan rebound," ungkapnya.

Dia mengatakan, kepemimpinan yang efektif dan bisa menghasilkan rebound bagi bisnis sangat dibutuhkan pengusaha dan wirausahawan agar bisnisnya bangkit di 2021. 

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Eko Sutriyanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved