Breaking News:

Alasan Tidak Mendapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta dan Cara Mengecek Dapat Bantuan atau Tidak

Alasan tidak mendapat BLT UMKM Rp 2,4 juta dilengkapi cara mengecek dapat bantuan UMKM atau tidak melalui https://eform.bri.co.id/bpum BRI.

Tribunnews/Jeprima
Suasana pameran produk kerajinan UMKM di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, Kamis (19/11/2020). Alasan tidak mendapat BLT UMKM Rp 2,4 juta dilengkapi cara mengecek dapat bantuan UMKM atau tidak melalui https://eform.bri.co.id/bpum BRI. 

TRIBUNNEWS.COM - Untuk memastikan bantuan UMKM Rp 2,4 juta cair atau tidak, dapat dicek secara online melalui link https://eform.bri.co.id/bpum.

Seluruh penerima BLT UMKM yang dananya akan disalurkan lewat BRI dapat mengeceknya melalui link tersebut.

BRI juga akan mengirimkan pemberitahuan melalui SMS ke nomor pelaku UMKM yang berhak mendapatkan BLT.

Meski demikian, tidak semua pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) mendapatkan BLT tersebut.

Baca juga: Cek Penerima BPUM Melalui eform.bri.co.id/bpum, Ini Alasan Tidak Dapat BLT UMKM

Baca juga: Cara Cek Bantuan UMKM di eform.bri.co.id/bpum BRI untuk Memastikan Sudah Cair

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) memutuskan untuk menaikkan Upah Minimum Provinsi (UMP) tahun 2020 sebesar 8,51 persen.
Kompas.com/Totok Wijayanto
Ilustrasi - Program Bantuan Presiden (Banpres) Produktif atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diberikan ke UMKM sebesar Rp 2,4 juta telah diperpanjang hingga Desember 2020. (Kompas.com/Totok Wijayanto)

Alasan Tidak Mendapat BLT UMKM Rp 2,4 Juta

Kepala Bidang Lembaga Kewirausahaan Kementerian Koperasi dan UKM, Nurul Rahman, mengatakan bantuan tersebut memang hanya diperuntukkan bagi para UMKM yang belum pernah mengajukan pinjaman apapun di bank, sebagaimana diwartakan Kompas.com, Kamis (17/9/2020).

"Bantuan Presiden untuk mikro yang Rp 2,4 juta itu mungkin masih banyak yang belum tahu kenapa susah untuk mendapatkannya."

"Sebenarnya tidak susah. Bantuan-bantuan usaha mikro memang diperuntukkan bagi mereka yang memang belum ada akses ke bank," ujarnya.

Ia memastikan pelaku UMKM yang telah mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat (KUR) ke bank tidak mendapatkan Banpres Produktif.

"Jadi ini benar-benar bagi UKM yang memang selama ini tidak bisa melakukan aksesibilitasnya ke perbankan. Itu kami lakukan bantuannya melalui BPUM (Bantuan Presiden untuk Usaha Mikro)," kata dia.

Baca juga: Kabar Baik! BLT Kemendikbud bagi Guru Honorer Sudah Cair, Disalurkan ke 1,7 Juta Penerima

Halaman
1234
Penulis: Arif Fajar Nasucha
Editor: Pravitri Retno Widyastuti
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved