Breaking News:

Gandeng Elnusa dan ITB, Pertamina Cari Potensi Cadangan Migas di Majalengka

Subholding Upstream Pertamina terus meningkatkan kinerja dan berupaya menemukan cadangan migas bagi kebutuhan energi negeri.

Penulis: Sanusi
ist
Subholding Upstream Pertamina terus meningkatkan kinerja dan berupaya menemukan cadangan migas bagi kebutuhan energi negeri. Salah satunya dengan melakukan survei Line Test Vibroseis 2D di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Sanusi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Subholding Upstream Pertamina terus meningkatkan kinerja dan berupaya menemukan cadangan migas bagi kebutuhan energi negeri.

Salah satunya dengan melakukan survei Line Test Vibroseis 2D di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Survei Line Test Vibroseis 2D ini merupakan bagian dari pemenuhan Komitmen Kerja Pasti WK Jambi Merang (KKPJM) di wilayah terbuka tahun ke-2, yang dilakukan PHE Jambi Merang dan SKK Migas.

Dalam pelaksanaan project ini, PHE Jambi Merang mengandeng PT Elnusa Tbk dan Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam melakukan survei Line Test Vibroseis 2D yang bersifat semi riset sebagai langkah awal untuk menunjang pencarian adanya potensi minyak dan gas bumi.

Baca juga: Selamatkan Aset, Pertamina Perkuat Sinergi dengan KPK dan Pemprov Sumsel

Area Majalengka sendiri dipilih sebagai lokasi test line survei berdasarkan pertimbangan teknis geologis berada di area yang tertutup material volcanic dan belum diketahui potensi hidrokarbonnya lebih detail.

Direktur Eksplorasi Pertamina Hulu Energi, Medy Kurniawan menjelaskan kegiatan survei Line Test Vibroseis 2D wilayah Majalengka adalah lanjutan dari pelaksanaan komitmen seismik open area KKP PHE Jambi Merang tahap 1 yang telah selesai dilaksanakan pada 3 Agustus 2020 lalu sepanjang 32.215 km.

"Komitmen Eksplorasi KKP PHE Jambi Merang selama lima tahun, setelah selesai seismik tahap ke-1 di wilayah Indonesia bagian timur bulan Agustus lalu, kini tahap ke2 dilakukan Line Test Vibroseis 2D yang juga selesai tepat waktu. Sebagai riset awal dilakukan survey sepanjang 15 km, namun tantangan melakukan survei di darat cukup besar karena bersingungan langsung dengan fasilitas masyarakat sehingga kita harus memastikan operasi berjalan aman", Ujar Medy.

Baca juga: Tingkatkan Daya Saing Global, Pertamina Komitmen Wujudkan ESG Management

Kegiatan survei Line Test dilaksanakan mulai 29 September hingga 22 November 2020, memiliki tantangan cukup tinggi, sebab dilakukan di tengah pandemi covid-19. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Keberhasilan proyek dapat diraih berkat kedisiplinan semua pihak dalam mematuhi protokol kesehatan dan peraturan keselamatan kerja, melalui program “Zero Incident & Zero Covid-19”.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved