Breaking News:

Sertifikasi Pesawat N219 Kini Capai 95 Persen

Saat ini masih ada sejumlah cacatan yang harus dipenuhi pesawat N219, yaitu dari sisi kekuatan rangkanya.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
President dan CEO Turkish Aerospace Industries (TAI) Temel Kotil didampingi Direktur Utama PT Dirgantara Indonesia (PTDI) Elfien Goentoro meninjau pesawat N219 di Hanggar PTDI, Jalan Pajajaran, Kota Bandung, Senin (15/1/2018). Kunjungan dilakukan untuk pembahasan Perjanjian Kerangka Kerja yang telah ditandatangani PTDI dan TAI di Ankara, Turki pada 6 Juli 2017, yang berisi kesepakatan kedua belah pihak untuk mendukung pengembangan kerjasama kedua negara dalam industri kedirgantaraan. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pesawat N219 buatan anak bangsa, sepertinya sebentar lagi akan diproduksi secara massal.

Meski begitu, pesawat bernama Nurtanio N219 ini masih harus memenuhi sertifikasi prototipe yang saat ini progresnya sudah mencapai 95 persen.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Novie Riyanto mengatakan, saat ini sertifikasi sedang berjalan.

"Kami tentunya berharap akan selesai dalam waktu dekat," ucap Novie saat dikonfirmasi, Minggu (13/12/2020).

Baca juga: Tunggu Sertifikasi Kemenhub, Penerbangan Komersial N219 Bisa Dimulai 2021

Menurut Novie, saat ini masih ada sejumlah cacatan yang harus dipenuhi pesawat N219, yaitu dari sisi kekuatan rangkanya.

Ia juga menjelaskan, pengujian untuk pesawat komersial dan kargo itu berbeda. Hal tersebut karena berbeda juga dalam penggunaannya.

Baca juga: Pemda Aceh Diminta Batalkan Pembelian Pesawat N219

Sebelumnya, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional Bambang Brodjonegoro mengatakan, penerbangan komersial N219 baru mulai 2021 karena menunggu sertifikasi dari Kementerian Perhubungan.

Ia juga mengharapkan, bahwa pada akhir 2020 pesawat ini telah dapat sertifikasi dari Kemenhub sehingga tahun depan N219 sudah bisa dipakai secara luas.

Pesawat N219 sendiri, telah melakukan rangkaian uji penerbangan dan sudah pada tahap akhir. Pesawat ini juga merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN).

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved