Breaking News:

Saat Pandemi, Nilai Transaksi Harbolnas 12.12 melesat 328 Persen dari Tahun lalu

Walaupun menjadi tahun yang penuh tantangan, nyatanya promo Harbolnas masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif

IST
Ilustrasi belanja online. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan e-commerce enabler SIRCLO hari ini mengungkapkan lima tren dan data menarik dari penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) 12.12 pada tahun 2020.

Walaupun menjadi tahun yang penuh tantangan, nyatanya promo Harbolnas masih mampu mencatatkan pertumbuhan positif dibandingkan tahun lalu.

Nilai transaksi selama 12.12 mencapai peningkatan 328% dari tahun 2019 berdasarkan data SIRCLO.

Baca juga: Harbolnas 12:12, Simak Tips Penting Belanja Online Agar Tetap Hemat

Brian Marshal, CEO dan Founder SIRCLO mengatakan, SIRCLO optimistis bahwa penjualan di kanal digital akan melesat cepat, terutama karena akselerasi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19.

Daya beli masyarakat Indonesia pun perlahan-lahan mulai pulih, dibuktikan dengan partisipasi di festival belanja 9.9 sampai 12.12 yang terus meningkat.

"Karena itu, saat ini merupakan saat krusial bagi semua brand untuk melakukan pivot dan hadir secara online,” ungkap Brian dalam siaran pers, Kamis (17/12/2020).

Dalam penyelenggaraan Harbolnas 2020 tahun ini, SIRCLO pun menemukan beberapa pertumbuhan serta perubahan kebutuhan dan gaya belanja konsumen. Berikut merupakan 5 di antaranya:

Baca juga: Platform Digital Layanan Hukum Ikut Warnai Harbolnas 12.12 Lewat Penawaran Ini

1. Pertumbuhan transaksi signifikan di luar Pulau Jawa 

Secara umum, festival belanja online di tahun 2020 mencatatkan pertumbuhan transaksi yang signifikan dari luar Pulau Jawa. Pada Harbolnas 12.12, data SIRCLO menunjukkan bahwa jumlah transaksi dari luar Pulau Jawa mencapai lebih dari empat kali lipat dibandingkan tahun 2019. 

Hal ini menunjukkan bahwa penetrasi tren belanja online menyebar dengan cepat di luar ibu kota hingga ke berbagai daerah di Indonesia, terutama di tengah pandemi.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved