Breaking News:

Lakukan Adaptasi Jadi Kiat Sukses Usaha saat Era New Normal

Saatnya pengusaha ubah bisnis menjadi sesuatu yang dibutuhkan saat pandemi dan lakukan adaptasi

ist
Clinton Augusto Kartawijaya 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengubah cara hidup hampir semua orang di seluruh dunia, termasuk berimbas dari berbagai segi kehidupan.

Survei Indikator Politik Indonesia memaparkan adanya 4 masalah utama yang dihadapi pengusaha di tengah hantaman pandemi Corona.

Mulai dari lesunya ekonomi, kesulitan dapat order, mahalnya biaya operasional, hingga bahan baku produksi yang makin mahal.

Indikator Politik sendiri menggelar survei terhadap 1.176 pengusaha pada 7 sektor unggulan, mulai dari sektor pertanian, perikanan, pertambangan, industri pengolahan, konstruksi, perdagangan besar dan eceran mobil dan sepeda motor, serta pengangkutan dan pergudangan secara nasional.

Dari survei tersebut, didapatkan 4 masalah yang paling banyak dikeluhkan yakni lesunya perekonomian, baik nasional dan global, kesulitan mendapatkan order alias kekurangan permintaan.

Kemudian, biaya operasional yang makin mahal dan harga bahan baku produksi yang meroket.

Baca juga: Varian Baru Covid-19, Kemenparekraf Tunggu Informasi dari Kemenkes Sebelum Terapkan Langkah Adaptasi

Seorang pengusaha suplemen, Clinton Augusto Kartawijaya pun membagikan kiat agar usaha bisa tetap berkembang di tengah pandemi Covid-19 yang saat ini masih berlangsung.

Pria yang karib disapa Clint mengatakan, adaptasi jadi syarat penting agar usaha bisa tetap bertahan bahkan berkembang dalam situasi yang serba sulit ini.

“Banyak yang bisa kita lakuin sih sebenarnya, coba kita mengubah bisnis kita menjadi sesuatu yang dibutuhkan sekarang ini saat pandemic dan yang paling penting kita harus bisa beradaptasi dengan dunia online," ujar Clinton Augusto Kartawijaya selaku CO-founder @musclefirstofficial melalui keterangan tertulis, Jumat (1/1/2021).

Usaha yang dijalankan Clint sendiri, justru mendapatkan omzet berlipat hingga miliaran rupiah di saat banyak usaha lainnya tumbang.

Halaman
123
Editor: Eko Sutriyanto
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved