Breaking News:

Pengamat: Program Langit Biru Berhasil Edukasi Masyarakat Pakai BBM Ramah Lingkungan

Adnan menegaskan, penggunaan BBM dengan oktan lebih tinggi memang sangat penting untuk menciptakan udara yang lebih sehat dan bersih.

Istimewa
Ilustrasi. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Program Langit Biru (PLB) Pertamina dinilai berhasil mengedukasi masyarakat untuk menggunakan bahan bakar minyak (BBM) ramah lingkungan.

Nyatanya, banyak pengguna Premium yang sekarang beralih dari ke Pertalite dan bahkan Pertamax. Demikian disampaikan Koordinator Indonesia Energy Watch (IEW) M. Adnan Rarasina, Jumat (26/2/2021).

“Program ini mendorong masyarakat untuk memakai BBM yang lebih ramah lingkungan. Pada akhirnya, ketika masyarakat menyadari manfaat Pertalite atau Pertamax, secara sadar beralih memakai BBM dengan oktan yang lebih tinggi tersebut. Konsumen teredukasi melalui pengalaman empiris,” kata Adnan.

Baca juga: Produsen Kendaraan Bermotor, Penentu Nasib Penggunaan BBM Berkualitas

Itu sebabnya, Adnan sangat mendukung kelanjutan dan perluasan PLB Pertamina pada 2021 ini. Baik yang dilakukan di area Jawa, Madura, dan Bali (Jamali) maupun non Jamali. “Kelanjutan program tersebut di berbagai kota/kabupaten dan juga perluasan di daerah lain, juga menunjukkan kepedulian Pertamina terhadap lingkungan,” kata dia.

Adnan menegaskan, penggunaan BBM dengan oktan lebih tinggi memang sangat penting untuk menciptakan udara yang lebih sehat dan bersih.

Meski manfaatnya tidak bisa dirasakan secara instan, namun dalam jangka panjang, akan menjadi investasi bagi lingkungan dan juga kesehatan masyarakat.

Baca juga: Pertamina Disarankan Gandeng Komunitas untuk Genjot Penggunaan BBM Ramah Lingkungan

“Makanya, Pertamina sebaiknya juga harus mempertahankan program ini, agar kesadaran masyarakat terus meningkat,” ujarnya.

Pada 2021 ini, Pertamina memang melanjutkan Program Langit Biru.

Dalam program ini, Pertamina memberikan diskon harga bagi pengguna Pertalite. Untuk area Jamali, tercatat 75 kabupaten/kota yang memulai PLB gelombang kedua, sejak Januari-Maret.

Di antaranya Bogor, Cirebon, Kuningan, Cimahi, Sleman, Malang, Surabaya, Mojokerto, Klungkung, Karangasem, Badung, dan Denpasar.

Halaman
12
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved