Breaking News:

Belasan CEO Ini Dinilai Berhasil Bawa Perusahaan Selamat dari Badai Krisis

Siapa saja yang menjadi chief executive officer (CEO) perusahaan pada era ini tak bisa mengelak dari ancaman hidup dan matinya perusahaan.

dok.
Webinar Best CEO 2020 'Leadership Challenges in the Double Disruption Era.' 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kita semua menyadari bahwa pandemi telah menimbulkan krisis multidimensi yang membawa perubahan sangat cepat di berbagai tatacara kehidupan dan bisnis.

Siapa saja yang menjadi chief executive officer (CEO) perusahaan pada era ini tak bisa mengelak dari ancaman hidup dan matinya perusahaan.

Pada kondisi turbulensi dan gawat seperti itu, hanya CEO yang bisa membangun kepercayaan (trust) di kalangan karyawan yang bisa membawa perusahaan selamat.

Dengan mengantongi kepercayaan dari karyawan dan para stake holder lain, seorang CEO – yang walaupun tak lepas dari pertaruhan – dapat membangun terobosan baru dan mengeksekusinya agar perusahaan selamat dari badai krisis.

Tommy Sudjarwadi, Partner Dunamis Organization Services dan Head of Franklin Covey Indonesia mengatakan, pihaknya baru-baru ini menggelar survei ke kalangan karyawan untuk mengukur kinerja CEO.

Survei yang digelar bersama SWA untuk menentukan predikat Best CEO 2020 mengacu pada 4 peran penting CEO yang terdiri dari Inspire Trust, Create Vision, Execute Strategy dan Coach Potential.

Inspire Trust dideskripsikan sebagai kemampuan CEO dalam menjadi teladan untuk membangun rasa saling percaya antar karyawan bahwa kebersamaan akan melahirkan kekuatan dan keunggulan dalam memajukan perusahaan.

Sementara parameter Create Vision merupakan kemampuan CEO menentukan sasaran bisnis yang jelas dan cerdas serta strategi yang dipilih untuk mempertahankan posisi di pasar maupun memperluas cakupan dan capaian perusahaan.

Parameter Execute Strategy mengukur kemampuan CEO membangun dan mengawasi konsistensi pelaksanaan strategi dengan melakukan monitoring, memecahkan masalah serta membuka jalan yang memudahkan tercapainya strategi yang telah disusun Bersama.

Halaman
12
Penulis: Choirul Arifin
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved