Breaking News:

PGN Maksimalkan Pemanfaatan Gas Bumi di Proyek Strategis Nasional

Penyediaan gas bumi itu di antaranya untuk pembangkit listrik dan Kilang Pertamina, proyek pipanisasi gas bumi dan pembangunan infrastruktur LNG

dok. PGN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan mendorong pemanfaatan gas bumi di proyek strategis nasional.

Direktur Utama PGN Suko Hartono mengatakan pihaknya bersama Kementerian ESDM sedang berupaya menjaga optimalisasi pengaliran gas bumi di semu sektor dengan menjaga dan memitigasi risiko tekanan terhadap kinerja perseroan. 

“Diharapkan upaya bersama ini dapat meningkatkan  pendapatan (revenue) dan menurunkan risiko dari potensi tekanan kinerja," kata Suko kepada wartawan, Kamis (25/3/2021).

Suko menerangkan, kinerja operasional harus tetap terus berjalan untuk melakukan pengembangan bisnis dan layanan gas bumi kepada masyarakat. 

Baca juga: PGN Tingkatkan Penyaluran Gas Ke Pembangkit Listrik Muara Tawar

Penyediaan gas bumi itu di antaranya untuk pembangkit listrik dan Kilang Pertamina, proyek pipanisasi gas bumi, pembangunan infrastruktur LNG, pemanfaatan gas unutilized untuk pelanggan non Kepmen 89K, dan pembangunan jargas rumah tangga yang masif.

Baca juga: Ibarat Harta Karun, Energi Terbarukan Kini Jadi Incaran Banyak Negara

“Kehandalan gas bumi penting untuk operasional pembangkit listrik agar bisa mendorong pemerataan akses listrik nasional yang efisien,” urai Suko.

Baca juga: Kapasitas Terpasang Pembangkit EBT Baru 14 Persen dari Total Nasional

Atas dasar tersebut, PGN melaksanakan penugasan Kepmen ESDM No 91.K/2020 dan pembangunan infrastruktur serta gasifikasi untuk PLTD di 52 titik sesuai Kepmen ESDM 13 tahun 2020. 

Proyek gasifikasi LNG ke PLTD akan dapat menyediakan energi listrik yang efisien, serta menjadi peluang bagi PGN untuk memulai pengembangan infrastruktur gas dan perluasan pemanfaatan gas bumi di wilayah Indonesia Bagian Tengah dan Timur.

Suko menambahkan bahwa saat ini sistem infrastruktur PGN Group telah terintegrasi, sehingga akan meningkatkan kehandalan, efisiensi dan fleksibilitas gas bumi bagi pelanggan di berbagai sektor. 

PGN saat ini juga sedang membangun interkoneksi pipa SSWJ – WJA dan akan selesai pada semester I 2021.

“Dengan sistem infrastruktur gas bumi yang terintegrasi akan mendukung persetujuan alokasi gas multi destinasi untuk flexibilitas pasokan yang diharapkan dapat meningkatkan kehandalan dan jaminan pasokan gas bumi dan tentunya mendukung optimalisasi penyerapan demand gas bumi," imbuhnya.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved