Breaking News:

Chatib Basri Sebut Orang yang Punya Gaji Tetap Lebih Bertahan Akibat Dampak Pandemi Covid-19 

Orang yang berpendapatan tetap atau punya gaji lebih tahan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19. 

Yanuar Riezqi Yovanda
Chatib Basri. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ekonom Chatib Basri menyebutkan orang yang berpendapatan tetap atau punya gaji lebih tahan dampak ekonomi akibat pandemi Covid-19

Chatib menjelaskan, kira-kira pendapatan orang yang memiliki gaji tersebut hanya turun 1 persen per Oktober 2020 atau menjadi 99,7 persen. 

"Itu bisa lihat bahwa mereka yang berpendapatan tetap atau mereka kerja dengan gaji, dampak dari pandemi ini relatif kecil karena penurunan pendapatannya itu kurang dari 1 persen," ujarnya dalam video conference, Minggu (28/3/2021). 

Sementara, dua kategori lainnya mengalami penurunan cukup dalam yakni sektor informal anjlok 30 persen dan wirausaha turun 15 persen selama periode yang sama. 

"Coba lihat yang di informal sektor itu turun 30 persen, sehingga pendapatan mereka per Oktober 2020 itu 70,9 persen," kata Chatib. 

Baca juga: Krisis Pandemi Dinilai Jadi Kesempatan, IHSG Bisa Pulih Lagi dalam Jangka Panjang

Komisaris utama PT Bank Mandiri Tbk itu menambahkan, rata-rata orang yang memiliki pendapatan dari sektor informal dan kena dampak pandemi dari kaum hawa. 

"Jadi, kalau kita melihat dari grafik ini ada dua yang terpengaruh secara signifikan, pertama adalah mereka yang bekerja di sektor informal dan mayoritas itu perempuan. Kemudian, yang kedua adalah mereka yang buka usaha," pungkasnya.

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved