Breaking News:

Anggota DPR Nilai Merger Pelindo Perlu Grand Strategy

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melihat langkah tersebut perlu dibuatkan grand strategy-nya agar tujuan merger tercapai.

Tribunnews.com/Chaerul Umam
Achmad Baidowi. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Chaerul Umam

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Rencana pemerintah menggabungkan empat perusahaan pelabuhan pelat merah ke dalam entitas tunggal menarik perhatian partai politik.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) melihat langkah tersebut perlu dibuatkan grand strategy-nya agar tujuan merger tercapai.

“Kementerian BUMN baru melempar isu awal dari wacana merger Pelindo ini. Maka pada kesempatan ini kita membahasnya lebih lanjut,” kata anggota Komisi VI DPR RI Fraksi PPP Ahmad Baidowi saat memberikan pangantar seminar bertajuk ‘Urgensi Merger Pelindo Dalam Membangkitkan Perekonomian Indonesia’ di gedung DPR, Rabu (31/3/2021).

Baca juga: Kinerja Positif Pelindo III di Tengah Pandemi

Ditambahkannya, dengan seminar yang digelar publik akan mendapatkan jawaban yang gamblang mengenai positif dan negatifnya wacana penggabungan tersebut.

“Salah satu yang ingin diketahui dari merger yang direncanakan adalah bagaimana grand strategy-nya. Sehingga, integrasi BUMN pelabuhan betul-betul mencapai tujuannya, yaitu peningkatan efisiensi logistik nasional,” tegasnya.

Hadir dalam diskusi tersebut diantaranya Dirut Pelindo II Arif Suhartono, pengamat ekonomi Enny Sri Hartati dan pengamat maritim Siswanto Rusdi.

Dalam kesempatan itu, senada dengan Awi, Dirut Pelindo II Arif Suhartono juga menekankan perlunya grand strategy yang baik dalam konsep integrasi ini.      

“Kami lagi bikin pelabuhan baru di kijing. Sekian ribu hektar di belakang pelabuhan harus dikosongkan untuk tempat industrinya. Kalau di Tanjung Priok itu industrinya di Cikarang, Cikande dan daerah lainnya. Nah makannya kita butuh grand strategy dalam integrasi ini agar bisa menurunkan biaya logistik,” ungkap Arif.

Baca juga: Pelindo II Siap Mendukung Seminar Nasional Kepelabuhan Demi Suksesnya Hari Pers Nasional 2021

Dia pun belum bisa menaksir berapa penurunan biaya logistik yang dihasilkan dari proses integrasi tersebut. Namun pihaknya terus berupaya untuk melakukan yang terbaik dalam mendukung wacana ini.

Halaman
12
Penulis: chaerul umam
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved