Breaking News:

Tiga Menteri Terbang ke China, Ini Rincian Kerja Sama yang Akan Dibahas

Tiga menteri Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin terbang ke China untuk membahas berbagai isu kerja sama vaksin, peningkatan perdagangan dan investasi

dok. kbri
Tiga menteri Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin terbang ke China untuk membahas berbagai isu kerja sama vaksin, peningkatan perdagangan dan investasi serta kekonsuleran 

Laporan Wartawan Tribunnews, Bambang Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga menteri Pemerintahan Jokowi-Maruf Amin terbang ke China untuk membahas berbagai isu kerja sama vaksin, peningkatan perdagangan dan investasi serta kekonsuleran kedua negara.

Ketiga Menteri tersebut yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Dubes RI di Beijing Djauhari Oratmangun mengatakan, seluruh kesepakatan dan komitmen yang dicapai oleh para Menteri dengan para mitra di Tiongkok akan segera ditindaklanjuti.

“Sebagai mitra dagang dan investor utama bagi Indonesia, realisasi peningkatan kerja sama dengan Tiongkok akan berkontribusi penting dalam pemulihan ekonomi di Indonesia,” jelas Dubes Djauhari dalam keterangannya, Minggu (4/4/2021).

Selama di Tiongkok, tiga Menteri Presiden Jokowi melakukan pertemuan bersama dengan State Councilor/Menteri Luar Negeri Tiongkok, Wang Yi, dan Pimpinan Provinsi Fujian.

Baca juga: Erick Thohir Buka Vaksinasi Bersama BUMN Jawa Timur, Petrokimia Gresik dan Satgas Kerahkan 50 Nakes 

Mereka juga melakukan pertemuan terpisah dengan masing-masing pimpinan Kementerian atau Lembaga di Tiongkok, yang merupakan mitra kerja masing-masing Menteri.

Mereka juga bertemu dengan berbagai perusahaan Tiongkok yang sudah memiliki kerja sama dengan Indonesia, yang kemudian berminat mengembangkan bisnisnya di tanah air.

Baca juga: Gaji ASN, Pegawai BUMN, dan Pekerja Swasta akan Dipotong Zakat 2,5%, Jokowi Mendukung Kata Baznas

Salah satu isu utama yang diangkat dalam kunjungan para Menteri RI ke Tiongkok adalah kerja sama pengadaan vaksin COVID-19 maupun potensi pengembangan kerja sama antara perusahaan vaksin Tiongkok dengan perusahaan lokal di Indonesia.

Tidak hanya untuk membantu Indonesia dalam penyediaan vaksin mandiri, namun juga mendukung Indonesia menjadi regional hub untuk produksi vaksin di kawasan. 

Halaman
123
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved