Breaking News:

Percepatan Bansos dan THR Dinilai Bisa Dongkrak Daya Beli

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berupaya mendorong kemampuan daya beli masyarakat.

ist
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berupaya mendorong kemampuan daya beli masyarakat. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, pemerintah berupaya mendorong kemampuan daya beli masyarakat.

Karena itu, dia juga sudah menyiapkan program untuk memacu keseimbangan supply dan demand.

Beberapa di antaranya, yakni dikebutnya penyaluran target output dukungan sosial. Antara lain, Bantuan Sosial Tunai (BST), Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako dan lainnya.

Baca juga: Airlangga: THR Sebagai Instrumen Pendorong Konsumsi Jelang Lebaran

Program yang belum terpenuhi pada triwulan I akan didorong cair pada April hingga Mei 2021.

“Menjelang Lebaran, pemerintah akan mempercepat pencairan kartu sembako dari Juni ke awal Mei,” ujar Airlangga dalam keterangannya, Jumat (23/4).

Total penyaluran program perlindungan sosial diperkirakan Rp 14,12 triliun.

Airlangga juga mengatakan, pemerintah menyiapkan bansos beras bagi masyarakat melalui program bantuan beras 10 kilogram untuk masing-masing penerima kartu sembako.

Kendati begitu, ia kembali mengingatkan perusahaan swasta agar membayar THR kepada karyawan jelang Lebaran 2021.

Baca juga: Terobosan Menko Perekonomian Airlangga Dinilai Berdampak Positif Bagi Sektor Ketenagakerjaan

Menurut Airlangga, kasus Covid-19 yang sekarang makin terkendali mesti diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi. THR juga akan diberikan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI dan Polri.

THR dan Gaji ke-13 bisa mendorong konsumsi masyarakat. Program-program Kementerian Koordinator Perekonomian nantinya bersinergi dengan THR swasta untuk meningkatkan daya beli.

Halaman
123
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved