Breaking News:

Pupuk Indonesia Sabet 2 Award karena Sukses Turunkan Emisi

PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan

Ist
Pupuk Indonesia memperoleh penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori "Green Elite" dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori "Silver Plus" di ajang Emisi Korporasi 2021 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Eko Sutriyanto 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pupuk Indonesia (Persero) meraih penghargaan Penurunan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori Green Elite dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor BUMN Non-perbankan kategori Silver Plus di ajang Emisi Korporasi 2021

Direktur Produksi Pupuk Indonesia Bob Indiarto mengatakan, penghargaan ini akan meningkatkan kinerja Pupuk Indonesia dalam upaya penurunan emisi, sehingga dapat mendukung target pemerintah mencapai penurunan emisi lingkungan.

"Kegiatan ini juga akan mendorong industri pupuk di Indonesia untuk menjalankan program peningkatan kualitas lingkungan, menjaga keselarasan dan keselamatan bumi," kata Bob Indiarto dalam keterangannya, Jumat (30/4/2021).

Penghargaan ini diberikan oleh BeritaSatu Media Holding, Majalah Investor dan PT Bumi Global Karbon secara virtual di Jakarta, Kamis (29/4/2021).

Baca juga: Kartu Tani Dibagikan, Penebusan Pupuk Bersubsidi di Pagaralam Jadi Lebih Mudah

Founder PT Bumi Global Karbon, Deni Daruri menjelaskan bahwa dasar penilaian dari penghargaan ini antara lain laporan berkelanjutan (sustainability report) 2019 yang dipublish di masing-masing website pada tahun 2020.

Baca juga: Pupuk Subsidi Disebut Kerap Hilang, Ini Kata KTNA Indramayu

Kemudian ada tidaknya perhitungan emisi perusahaan beserta perhitungan penurunan dalam laporan.

"Kami juga melihat apakah sustainability report tersebut memiliki assurance report dengan lingkup topik lingkungan," kata Deni Daruri.

Baca juga: Jokowi Mengaku Sudah Terima Keluhan Petani, Pupuk Bersubsidi Sering Hilang

Ia mengungkapkan bahwa penurunan emisi korporasi tidak hanya implementasi kepedulian perusahaan pada pemanasan bumi. Tapi juga menjadi gambaran operasional perusahaan yang efisien.

Deni Daruri menjelaskan, korporasi yang mendapatkan "Green Elite" seperti Pupuk Indonesia karena dinilai mampu menyampaikan penurunan emisi dalam laporan dan teraudit pihak ketiga.

Sedangkan kategori "Silver Plus" didapat karena melakukan perhitungan satu scope emisi langsung, seperti bahan bakar minyak, freon AC atau lainnya, serta teraudit.

Pupuk Indonesia mendapatkan penghargaan “Emisi Korporasi 2021” bersama dengan PT Pupuk Kalimantan Timur yang merupakan anggota holding, yaitu Penurunan Emisi Korporasi Sektor Non-emiten dan Non-BUMN "Green Elite" dan Transparansi Perhitungan Emisi Korporasi Sektor Non-emiten dan Non-BUMN "Platinum Plus".

Sedangkan, News Director BeritaSatu Media Holdings, Primus Dorimulu menjelaskan bahwa tujuan dari penghargaan ini adalah untuk membangkitkan kesadaran korporasi dalam mengurangi emisi karbon.

Menurutnya, korporasi yang memiliki kesadaran mengurangi karbon dan memiliki langkah konkret pasti mendapat apresiasi dari publik.

"Hari ini kami memberikan apresiasi kepada 32 perusahaan yang sukses menurunkan emisi karbon," tandasnya.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved