Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Jumlah Penumpang Angkasa Pura II Turun 91 Persen

Jumlah penumpang pesawat di seluruh bandara Angkasa Pura II rata-rata hanya 5.000 orang per hari.

WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
Calon penumpang pesawat memenuhi areal Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, yang akan berangkat mudik maupun liburan Nataru ke kampung halamannya, Rabu (17/12/2020). WARTA KOTA/NUR ICHSAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hari Darmawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin menyebutkan, selama periode larangan mudik Lebaran 6-17 Mei 2021 jumlah penumpang di 19 bandara yang dikelola turun hingga 91 persen.

Awaluddin mengatakan, jumlah penumpang pesawat di seluruh bandara Angkasa Pura II rata-rata hanya 5.000 orang per hari.

"Jumlah ini, sangat berbanding jauh sebelum adanya larangan mudik Lebaran 2021 yang jumlah penumpangnya di seluruh bandara Angkasa Pura II mencapai 40.000 hingga 90.000 orang per hari," kata Awaluddin dalam keterangannya, Selasa (18/5/2021).

Awaluddin juga menyebutkan, jumlah pergerakan pesawat juga di seluruh bandara Angkasa Pura II mengalami penurunan pada masa larangan mudik Lebaran hingga 71 persen.

Menurutnya, pelaksanaan larangan mudik Lebaran di bandara Angkasa Pura II berjalan dengan baik dan sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Baca juga: AP I Perketat Pemeriksaan Dokumen Penumpang Pesawat di 15 Bandara Pasca Larangan Mudik

"Seluruh prosedur, mulai dari pengecekan dokumen perjalanan hingga protokol kesehatan diterapkan dengan baik dan lancar," kata Awaluddin.

Baca juga: Aturan Baru: Penumpang Moda Transportasi dari Sumatera ke Jawa Wajib Rapid Test Antigen

Menurutnya, penumpang pesawat yang melakukan perjalanan di bandara Angkasa Pura II hanya masyarakat yang dikecualikan saja dengan keperluan mendesak.

Lancarnya prosedur larangan mudik Lebaran 2021 ini, lanjut Awaluddin, karena informasi terkait ketentuan melakukan perjalanan saat periode tersebut sudah diterima baik oleh masyarakat.

"Koordinasi bersama maskapai, kantor kesehatan pelabuhan Kementerian Kesehatan dan Satgas Penanganan Covid-19 berjalan dengan baik," kata dia.

Penulis: Hari Darmawan
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved