Breaking News:

Bappenas Catat 52 Indikator SDGs Alami Kemajuan

dari total 280 indikator, sekitar 52 indikator SDGs sudah mengalami kemajuan, tapi masih ada 30 persen indikator yang perlu perhatian khusus

Tangkap Layar/HO
Webinar bertajuk 'Membangun Indonesia melalui Bisnis Berkelanjutan', Jumat (28/5/2021). 

Reynas Abdila/Tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas menargetkan 17 tujuan besar dan 169 target Sustainable Development Goals (SDGs) di tahun 2030.

Deputi Kemaritiman dan Sumber Daya Alam Kementerian PPN/Bappenas Arifin Rudiyanto mengatakan dari total 280 indikator, sekitar 52 indikator SDGs sudah mengalami kemajuan. 

"Sisanya 18 persen indikator sudah membaik, tapi masih ada 30 persen indikator yang perlu perhatian khusus," papar Arifin dalam webinar Jumat (28/5/2021).

Menurutnya, pemerintah tidak mungkin melakukannya sendiri, perlu kerja bersama termasuk akademisi, masyarakat dan tentu saja sektor swasta. 

Baca juga: Pemerintah Perkuat Ekosistem Kewirausahaan Muda untuk Capai SDGs

"Untuk itu, tren praktik usaha yang lebih bertanggungjawab dan berkelanjutan, dengan memperhatikan tidak hanya aspek ekonomi, tapi juga aspek sosial dan lingkungan menjadi semakin relevan untuk menjawab tantangan yang kita hadapi saat ini," kata Arifin.

Tren bisnis berkelanjutan yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat juga telah berkembang di dunia. 

Terkait itu, sebuah lembaga nirlaba, B Lab mengkampanyekan bisnis untuk kebaikan memperkenalkan sertifikasi B Corporation (B Corp) sejak 2007. 

Sertifikasi B Corp diberikan kepada perusahaan yang mampu membuktikan bahwa bisnis prosesnya mulai dari rantai pasok, sistem operasional hingga operasional bisnisnya dapat memberi dampak positif dan nilai tambah bagi masyarakat, lingkungan, pelanggan dan juga karyawan. 

Baca juga: Presiden Jokowi: Tantangan untuk Capai SDGs Semakin Berat

Priscilla Henriette mewakili B Corp Community Indonesia menjelaskan bahwa B Corp merupakan sebuah gerakan yang bertujuan menjadikan bisnis sebagai kekuatan untuk membawa dampak positif. 

Halaman
12
Penulis: Reynas Abdila
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved