Breaking News:

LPEI Dorong Pelaku UMKM Bali Tembus Pasar Ekspor

LPEI melakukan Program Jasa Konsultasi melalui Coaching Program for New Exporter (CPNE) di wilayah Bali,

Editor: Sanusi
WARTA KOTA/WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank mendorong keberlangsungan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kapasitas, dan kompetensinya dalam rangka menembus pasar global.

Untuk itu, LPEI melakukan Program Jasa Konsultasi melalui Coaching Program for New Exporter (CPNE) di wilayah Bali, yang sebelumnya dilaksanakan di Solo Jawa Tengah, dan nantinya di Medan Sumatera Utara.

Baca juga: OJK Kerja dari Bali, Dorong Sektor Jasa Keuangan Bangkitkan Ekonomi

Kegiatan CPNE di Bali diikuti 50 pelaku UMKM berorientasi ekspor yang berasal dari sektor makanan dan minuman, kerajinan tangan, kosmetik, fashion dan garmen sampai dengan furnitur.

Direktur Pelaksana II LPEI, Maqin U Nurhadi menyebut, pelatihan ini diharapkan dapat menjadi ajang pembelajaran, berbagi pengalaman bagi para pelaku UMKM untuk menembus pasar global.

Baca juga: Munas Kadin ke-VIII Diharapkan Pelaku Pariwisata Bali Tetap Digelar di Bali

"Para peserta CPNE akan mendapatkan berbagai wawasan dan pengetahuan, mulai dari pengetahuan dasar sampai ketingkatan lebih lanjut. Sehingga diharapkan dapat menciptakan pelaku UMKM berorientasi ekspor yang berdaya saing serta menghasilkan produk-produk bernilai ekspor," kata Maqin, Sabtu (29/5/2021).

Pada kegiatan tersebut, LPEI menggandeng Export Center Surabaya untuk memberikan berbagai modul pelatihan yang diawali dengan modul, mulai motivasi ekspor dan bagaimana memulai bisnis ekspor, hingga menentukan harmonized system (HS) code dan harga ekspor.

Corporate Secretary LPEI Agus Windiarto menambahkan, kegiatan yang berlangsung selama dua hari, merupakan rangkaian kegiatan program CPNE yang akan diberikan kepada para peserta selama satu tahun.

"Tujuan utama adalah menciptakan eksportir baru yang bankable," ucap Agus.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved